Akun Pengguna di Bawah Umur yang Dihapus TikTok Diduga Lebih dari 7 Juta

Andaru Danurdana, Jurnalis · Sabtu 03 Juli 2021 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 03 57 2434877 perketat-aturan-tiktok-hapus-7-juta-akun-milik-anak-di-bawah-umur-BTu3FvBgIa.jpg Ilustrasi (Foto : Mashable)

MESKI dikenal sebagai platform populer di kalangan anak-anak dan remaja, TikTok mengharuskan penggunanya untuk berusia 13 tahun ke atas. Peraturan ini, walau terkadang dianggap remeh penggunanya, rupanya benar-benar didesak oleh TikTok.

Dilansir dari Mashable, Sabtu (3/7/2021), TikTok beberapa hari yang lalu merilis laporan transparansi yang memuat data-data dari tiga bulan pertama tahun 2021.

Meski laporan semacam ini sudah pernah dirilis sebelumnya, TikTok menjelaskan cara mereka mengurus berbagai pelanggaran di platformnya, ada satu poin tambahan di laporan kali ini: untuk pertama kalinya, TikTok mempublikasikan jumlah akun milik pengguna di bawah umur yang mereka hapus.

TikTok

Dari 11 juta akun yang dihapus karena melanggar aturan TikTok, 7 juta di antaranya adalah akun yang diduga milik pengguna di bawah umur!

Kata “diduga” pada data itu ditekankan karena belum ada cara untuk mengetahui jumlah pasti pengguna di bawah umur. 7 juta akun ini hanyalah akun-akun yang secara sadar memasukkan tanggal lahir dan mengidentifikasi diri mereka sebagai anak di bawah usia 13 tahun ketika mendaftarkan diri ke TikTok, dan tentunya tidak termasuk akun-akun yang berusaha membohongi sistem dengan tahun lahir palsu.

Meski jumlahnya mencengangkan, TikTok menyampaikan bahwa jumlah ini rupanya tak mencapai 1% dari keseluruhan jumlah pengguna. Hal ini menunjukkan betapa besar jumlah pengguna aplikasi berbasis video ini.

Baca Juga : Asyik! TikTok Perpanjang Durasi Video

Setelah membeberkan data ini, pihak TikTok pun menyoroti salah satu layanan mereka, TikTok for Younger Users. Layanan itu mereka sarankan bagi para pengguna berusia di bawah 13 tahun yang ingin menikmati konten TikTok.

Selain penghapusan akun milik anak di bawah umur, TikTok juga meluncurkan pengaturan khusus bagi pengguna yang masih di bawah 18 tahun. Pengaturan ini akan memisahkan konten-konten TikTok bagi pengguna berusia 13-15 tahun, 16-17 tahun, dan 18 tahun ke atas, agar tercipta ruang aman bagi semua pengguna.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini