Dapat Banyak Perbaikan, Microsoft Store Kini Lebih Bersahabat

Andaru Danurdana, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 54 2435992 dapat-banyak-perbaikan-microsoft-store-kini-lebih-bersahabat-ncIt9mwm1I.jpg Ilustrasi microsoft Store. (Foto: Ubergizmo)

BAGI pengguna Windows 10, toko aplikasi Microsoft Store dianggap kurang bersahabat dan tidak banyak dilirik karena tampilan yang buruk serta katalog tidak lengkap. Namun kini, Microsoft Store telah melakukan banyak perbaikan yang membuat toko aplikasi ini akan bekerja lebih baik di Windows 11, dan nantinya Windows 10.

Dilansir dari laman The Verge, Selasa (6/7/2021), sebelumnya Microsoft Store adalah toko aplikasi yang sangat ketat, terutama bagi developer non-Microsoft, dan hanya memperbolehkan program-program buatan Microsoft.

Baca juga: Microsoft Tidak Sengaja Beri Sertifikasi ke Driver Komputer Berisi Malware 

Dikarenakan permintaan membeludak, Microsoft kemudian merilis sebuah platform terpisah bernama Windows Package Manager yang terbukti lebih laris dari Microsoft Store berkat katalog program yang lebih beragam.

Melihat suksesnya Package Manager, Microsoft pun menggabungkan Microsoft Store dengan Windows Package Manager di versi terbaru Microsoft Store demi merangkul para pengguna.

Ilustrasi Microsoft Store.

Di versi terbaru ini, Microsoft memperbolehkan developer pihak ketiga, bahkan kompetitor, menjual programnya lewat Microsoft Store. OBS Studio, Zoom, Canva, Adobe Reader, dan beberapa nama besar lainnya kini sudah mulai bermunculan di Microsoft Store; di samping extension pihak ketiga untuk browser Microsoft Edge.

Selain melengkapi katalog bagi pengguna, Microsoft juga memperbolehkan developer yang mendistribusikan programnya lewat Microsoft Store untuk menarik 100 persen pendapatan program mereka tanpa potongan; kecuali video game yang masih dikenakan potongan 12 hingga 30 persen.

Baca juga: Microsoft Tidak Ikutkan Internet Explorer ke Windows 11 

Meski kini terlihat lebih cantik, bekerja lebih cepat, dan lebih lengkap; Microsoft masih perlu memperbaiki sistem penyaringan program yang mereka distribusikan untuk mencegah developer nakal mengunggah program-program berisi malware dan program palsu.

Dalam waktu dekat ini, Microsoft memastikan pengguna bisa jadikan Microsoft Store sebagai tempat mencari program yang terpercaya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini