Share

Kini Aplikasi Peduli Lindungi Miliki Fitur QR Code Check-In

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 07:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 57 2435483 kini-aplikasi-peduli-lindungi-miliki-fitur-qr-code-check-in-nafW5GVkID.jpg Menkominfo Johnny (Foto: Ist)

APLIKASI PeduliLindungi menjadi platform yang berperan penting dalam pemulihan Covid-19 di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, melalui pembaruan aplikasi PeduliLindungi salah satunya adalah penambahan fitur pindai QR Code Check-In bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dan mengakses fasilitas publik.

 Menkominfo

Lewat penambahan fitur tersebut, masyarakat turut berperan aktif memberikan informasi yang dibutuhkan untuk pemutakhiran kebijakan penanganan Covid-19

"Jadi ada fitur QR Code di aplikasi PeduliLindungi yang membantu masyarakat melakukan perjalanan dan mengakses fasilitas publik, tolong dimanfaatkan baik-baik," ujarnya dalam konferensi pers tentang Integrasi Aplikasi Layanan Kesehatan Transportasi Udara, Minggu malam (4/7/2021).

Aplikasi PeduliLindungi juga akan mengintegrasikan hasil pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen dan Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilakukan laboratorium serta fasilitas pelayanan kesehatan milik Pemerintah, pemerintah daerah, dan swasta secara real-time.

Menurut Johnny, dengan aplikasi PeduliLindungi yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Electronic Health Alert Card (e-HAC), kartu vaksinasi Covid-19, dan hasil pemeriksaan RDT Antigen dan PCR, dapat divalidasi oleh petugas bandar udara di counter check-in bagi penumpang transportasi udara.

"Dengan penambahan fitur digitalisasi dan integrasi dokumen kesehatan, pengawasan pelaku perjalanan dapat semakin optimal dan efisien," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini