Belajar Daring Jadi Topik Terbanyak 450% dalam Pencarian Google

Antara, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 57 2436570 belajar-daring-jadi-topik-terbanyak-450-dalam-pencarian-google-gCpom2GCml.jpg Belajar daring terpopler dalam pencarian di Google (foto: freepik)

JAKARTA - Topik belajar daring atau yang terkait dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) mengalami peningkatan sebesar 450 persen di dalam layanan pencarian Google hingga pertengahan 2021.

Hal itu mengikuti kebijakan pemerintah yang masih menerapkan PJJ selama masa pandemi COVID-19 berlangsung baik untuk tingkat sekolah dasar hingga tingkat universitas.

“Terjadi peningkatan pencarian sebear 450 persen untuk topik- topik soal pembelajaran jarak jauh ya. Seperti yang terkait dengan belajar online, cara memakai Google Classroom,” kata Communications Manager Consumer Products Google Indonesia Felicia Wienathan dalam Bincang ANTARA, Selasa.

Baca Juga:  Anak Alami Tekanan Mental saat Belajar Daring, Ini Saran Psikolog

Banyaknya orang tua yang mengakses pertanyaan atau pencarian untuk memahami bagaimana cara kerja belajar jarak jauh di tengah pandemi, memahami cara pengerjaan pekerjaan rumah anak, hingga cara memakai aplikasi untuk penugasan tugas- tugas sekolah.

PJJ memang menjadi salah satu metode pembelajaran yang baru dan lahir secara mendadak untuk menghindari adanya kegiatan berkerumun di lingkungan sekolah.

Baca Juga:  Google Ingatkan Pengguna Jangan Langsung Percaya Hasil Pencariannya

Google pun menjadi salah satu pengembang teknologi yang membantu proses PJJ dengan fitur Google Classroom.

Google Classroom merupakan layanan yang dikembangkan Google untuk membantu guru dan murid dapat berkomunikasi dengan mudah secara digital.

Guru dapat medistribusikan tugas hingga menilai tugas tanpa harus bertatap muka dengan muridnya dan menjadi layanan yang cocok dan tepat di masa pandemi COVID-19.

Dengan adanya Google Classroom, tidak hanya tugas, proses berbagi dokumen secara daring seperti dokumen materi pelajaran pun dapat dengan mudah terdistribusi.

Selain pembahasan mengenai belajar daring, topik lainnya yang paling banyak dicari adalah mengenai cybercrime atau kejahatan siber.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini