Asyiknya Mengecat Kuku Pakai Robot, Hanya 10 Menit

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 56 2437495 asyiknya-mengecat-kuku-pakai-robot-hanya-10-menit-KjncWPjj7A.jpg Mengecat kuku pakai robot (Foto: Bebeautiful)

KECANGGIHAN robot bisa digunakan untuk banyak hal. Bahkan, untuk hal-hal yang mungkin tak terpikirkan, yakni manicure pedicure, termasuk mengecat kuku.

Tetapi jangan dibayangkan menggunakan kuas dan botol untuk mengecat kuku seperti manual. Sebaliknya, cukup memasukan tangan dan kuku akan dicat layaknya printer 3D.

Terdapat kamera di dalam kotak ungu besar yang mampu memindai setiap kuku itu. Kemudian masukkan tabung kecil cat dengan warna sesuai pilihan.

 mengecat kuku pakai robot

Setelah itu, biarkan mesin bekerja dengan mengecat kuku. Dan pastikan tangan tidak digerakan sama sekali.

Setelah sekitar 10 menit memasukkan jari ke mesin, ujung jari akan terlihag rapi dan cantik. Harganya pun terjangkau, hanya di bawah USD8.

Robot pengecat kuku ini merupakan salah satu robot ciptaan perusahaan robotika, Clockwork, di San Francisco, AS, dan menjadi salon kuku pertama yang menggunakan pekerja robot.

Pengalaman robotik ini bukannya tanpa bantuan manusia sama sekali. Ada dua karyawan Clockwork, termasuk direktur pengembangan dan operasi bisnis, Tracy Torhan, yang siap menyambut tamu, membantu memilih dari 10 pilihan warna yang ada, dan menjelaskan cara kerja semuanya.

Jika ada pelanggan yang datang dengan cat lama, keduanya membantu menghapusnya. Meskipun layar mesin secara detail menjelaskan apa yang harus dilakukan, tetapi campur tangan manusia tetap membantu kelancaran proses.

CEO Clockwork Renuka Apte, merupakan alumnus ilmu komputer Georgia Tech dengan latar belakang teknik, mengaku tidak berniat menghentikan bisnis salon kuku atau mengganti pekerja manusia.

Sebaliknya, mengutip dari Mashable, Kamis (8/7/2021), perusahaan yang berbasis di Bay Area ini melihat dirinya sebagai pelengkap.

Apte menyebut layanannya sebagai "minicures." Clockwork mengklaim layanannya itu bisa masuk ke dalam salon, bekerja bersama pekerja kuku untuk touch-up dan pewarnaan ulang cepat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini