China Berambisi Hancurkan Asteroid yang Ancam Bumi

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 56 2437610 china-berambisi-hancurkan-asteroid-yang-ancam-bumi-VpxfyqEgvQ.jpg Asteroid mengancam bumi (Foto: Metro)

CHINA ingin menembakkan puluhan roket ke luar angkasa untuk mengalihkan asteroid yang berpotensi menabrak dan membahayakan Bumi.

Para ilmuwan dari Pusat Sains Antariksa Nasional China mengatakan, hanya dibutuhkan 23 roket Long March 5 untuk mengalihkan asteroid dari jalurnya dengan jarak yang lebih jauh dari radius Bumi.

Salah satu asteroid yang telah diincar para peneliti sebagai target potensial adalah Bennu.

menembakkan roket ke asteroid 

Melansir dari laman Metro, Kamis (8/7/2021), Bennu merupakan batu seberat 78 miliar kilogram yang akan berada dalam jarak 7,5 juta kilometer dari orbit Bumi dalam 150 tahun ke depan.

Benda langit ini dianggap sebagai sebuah ancaman yang berpotensi berbahaya. Bennu diperkirakan setinggi Empire State Building, dan termasuk dalam kelas batuan yang berpotensi menyebabkan kerusakan.

Sementara peluang Bennu menabrak Bumi hanya 1 banding 2.700, potensi kehancurannya akan sangat dahsyat sehingga para ilmuwan sudah mulai memikirkan cara untuk menghindari kedatangan asteroid ini.

Upaya pengalihan asteroid dengan roket Long March 5, yang diterbitkan dalam jurnal ilmu planet Icarus, bukanlah yang pertama.

NASA juga akan mencoba mengalihkan dua asteroid dengan pesawat ruang angkasa robotik yang dekat dengan Bumi sekitar akhir tahun ini, dengan Uji Pengalihan Asteroid Ganda (DART).

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini