Cara untuk Mengembalikan Akun Instagram yang Diretas

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 57 2437973 cara-untuk-mengembalikan-akun-instagram-yang-diretas-CiNAO9I1mL.jpg Instagram (Foto: Unsplash)

INSTAGRAM merupakan salah satu media sosial yang menjadi sasaran empuk bagi para hacker. Sudah tidak terhitung lagi ada berapa akun yang berhasil dibobol.

Tak perlu panik jika mengetahui akun Instagram diambil alih atau berhasil dibobol oleh hacker. Tetap tenang dan lakukan langkah di bawah ini.

 hacker

Dirangkum dari laman Pusat Bantuan Instagram, Jumat (9/7/2021), berikut ini beberapa tindakan yang bisa diambil untuk mengamankan akun

Perlu dicatat beberapa langkah pemulihan berikut mungkin tidak tersedia bagi setiap pengguna, tergantung jenis akun yang ingin dipulihkan. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

1. Memeriksa akun email untuk melihat pesan dari Instagram

Jika menerima email dari [email protected] yang memberi tahu bahwa alamat email telah diubah, Anda bisa mengurungkan perubahan ini dengan memilih kembalikan perubahan ini di pesan yang dikirim.

Jika informasi tambahan juga diubah, misalnya: kata sandi, dan Anda tidak bisa mengembalikan alamat email Anda, mintalah tautan login atau kode keamanan dari Instagram.

2. Meminta tautan login dari Instagram

"Untuk membantu kami mengonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik akun itu, Anda bisa meminta kami mengirimkan tautan login ke alamat email atau nomor telepon Anda," kata Instagram

Cara meminta tautan login:

- Di layar login, ketuk Dapatkan bantuan login atau Lupa kata sandi?

- Masukkan nama pengguna, alamat email, atau nomor telepon yang terkait dengan akun Anda, lalu ketuk Berikutnya. Catatan: Jika Anda tidak mengetahui nama pengguna, alamat email, atau nomor telepon yang terkait dengan akun Anda, ketuk Perlu bantuan lain? di bawah tombol Berikutnya dan ikuti petunjuk di layar.

- Pilih alamat email atau nomor telepon Anda, lalu ketuk Kirim Tautan Login.

- Klik tautan login di email atau SMS Anda dan ikuti petunjuk di layar.

3. Meminta kode keamanan atau dukungan dari Instagram

Jika tidak bisa memulihkan akun dengan tautan login yang Instagram kirim, Anda bisa meminta dukungan lainnya.

Cara meminta dukungan dari Instagram di Android

- Di layar login, ketuk Dapatkan bantuan untuk login. di bawah Login.

- Masukkan nama pengguna, alamat email, atau nomor telepon yang terkait dengan akun Anda, lalu ketuk Perlu bantuan lain?. Perlu diingat bahwa jika memiliki lebih dari satu akun Instagram, Anda perlu memilih akun yang mengalami masalah login terlebih dahulu, lalu ikuti petunjuk di layar.

- Ketuk Perlu bantuan lain?, lalu ikuti petunjuk di layar.

- Pilih alamat email atau nomor telepon Anda, lalu ketuk Kirim Kode Keamanan.

- Jika Anda tidak menerima kode keamanan, ketuk Saya tidak bisa mengakses email atau nomor telepon ini di bawah Kirim Kode Keamanan, lalu ikuti petunjuk di layar.

Cara meminta dukungan dari Instagram di iPhone

- Dari layar tautan login, ketuk Perlu bantuan lain? di bawah Kirim Tautan Login.

-Pilih alamat email atau nomor telepon Anda, lalu ketuk Kirim Kode Keamanan.

- Jika Anda tidak menerima kode keamanan, ketuk Saya tidak bisa mengakses email atau nomor telepon ini di bawah Kirim Kode Keamanan, lalu ikuti petunjuk di layar.

Pastikan memasukkan alamat email yang aman dan hanya bisa diakses oleh Anda. Setelah mengirimkan permintaan, Anda akan menerima email dari Instagram yang berisi langkah berikutnya.

4. Memverifikasi identitas

Jika mengirimkan permintaan dukungan untuk akun tanpa foto, Anda akan menerima email balasan otomatis dari Tim Dukungan di Facebook.

"Kami akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas dengan memberikan alamat email dan nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar dan jenis perangkat yang Anda gunakan saat mendaftar (misalnya, iPhone, Android, iPad, dan lainnya)," tulis Instagram

Jika meminta dukungan untuk akun dengan foto, Anda akan diminta untuk mengambil video selfie memutar kepala ke berbagai arah. Hal ini dilakukan untuk membantu Instagram memastikan bahwa Anda orang asli dan mengonfirmasi identitas.

Setelah itu, Anda akan menerima email dari Instagram di alamat email aman yang diberikan.

Instagram menjamin bahwa video yang dikirim akan dihapus dalam waktu 30 hari.

"Jika Anda tidak bisa mengonfirmasi identitas dari video yang dikirim, Anda bisa mengirim video baru dan kami akan meninjaunya kembali," jelas mereka.

5. Nah, cara terakhir ini ditujukan bagi pengguna yang masih bisa login ke dalam akun Instagram

Jika merasa akun Anda diretas atau ada percobaan peretasan akun dan masih bisa login, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga akun tetap aman:

- Ubah kata sandi atau mintalah email reset kata sandi.

- Aktifkan autentikasi dua faktor untuk keamanan tambahan.

- Konfirmasikan nomor telepon dan alamat email Anda di pengaturan akun sudah benar.

- Periksa Pusat Akun dan hapus akun yang ditautkan yang tidak Anda kenali.

- Cabut akses ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini