LiDAR Masih Tetap Eksklusif untuk Varian Pro di iPhone 13 Series?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 12 Juli 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 57 2439519 lidar-masih-tetap-eksklusif-untuk-varian-pro-di-iphone-13-series-SlmrZaOoIQ.jpg Ilustrasi iPhone (Foto: Ubergizmo)

JAKARTA- Apple telah memperkenalkan teknologi barunya, pemindai LiDAR pada varian Pro di iPhone 12 Series tahun lalu.Teknologi tersebut diharapkan hadir di varian lainnya tahun ini.

Namun sayang, leaker Dylandkt memprediksi teknologi tersebut masih eksklusif di varian Pro. Menurutnya Apple awalnya ingin memasukkan teknologi LiDAR ke semua varian iPhone 13 tahun ini. Akan tetapi, karena alasan tertentu perusahaan tersebut berubah pikiran.

"Awal tahun ini sepertinya Apple ingin merilis semua model iPhone 13/12S dengan LiDAR tetapi karena satu dan lain alasan, itu tidak akan terjadi tahun ini," kata akun @Dylandkt di Twitter seperti dikutip Okezone, Senin (12/6/2021).

Ada kemungkinan hal tersebut lantaran kurangnya komponen atau biayanya terlalu tinggi. Sehingga memakan margin keuntungan perusahaan. Namun masih belum diketahui pasti apa penyebabnya.

Beberapa warganet pun turut mengomentari unggahan akun @Dylandkt. Mereka juga menilai LiDAR kemungkinan masih menjadi teknologi eksklusif di varian yang mahal. 

"Ekskusifitas," tulis warganet. 

"Terimakasih telah memberikan update laporan,"imbuh yang lain. 

Apple sebelumnya menggunakan LiDAR di iPhone 12 Pro dan Pro Max untuk membantu meningkatkan pengalaman Augmented Reality (AR) pengguna. Ini juga membantu Mode Potret saat dalam Mode Malam, dan penyempurnaan kamera lainnya.

 Sensor LiDAR tersebut juga dapat untuk mengukur tinggi badan seseorang. Tak hanya itu teknologi ini juga dapat mengetahui apakah seseorang sedang duduk atau berdiri.

(nit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini