Cara Mendengar Voice Note WhatsApp Tanpa Diketahui

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 16 2440173 cara-mendengar-voice-note-whatsapp-tanpa-diketahui-F98vqE1Kxi.jpeg Cara Mendengar Voice Note WhatsApp Tanpa Diketahui (Foto: Unsplash)

JAKARTA- WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membaca pesan tanpa diketahui pengguna lain. Terlebih pengguna bisa menonaktifkan tanda centang biru melalui setelan.

Sayang hal tersebut tak berlaku untuk pesan suara atau voice WhatsApp. Ketika pengguna menonaktifkan tanda baca, voice note yang telah didengar akan muncul centang dua biru.

Bagi Anda yang ingin mendengar voice note tanpa diketahui, ini tipsnya:

1. Gunakan Mode Pesawat

Mengaktifkan mode pesawat ponsel sebelum mendengarkan voice note akan mengganggu koneksi Wi-Fi dan pertukaran data dengan penyedia layanan Anda. Oleh karena itu, WhatsApp tidak akan dapat mengirimkan notifikasi kepada orang yang mengirimi Anda audio saat Anda mendengarkannya.

Metode ini sangat mudah digunakan. Namun, beberapa perangkat akan memberi tahu pengirim segera setelah mode pesawat dimatikan dan koneksi Anda dipulihkan.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Metode ini hanya bisa dilakukan untuk perangkat Android saja. Anda bisa mengunduh aplikasi yang memungkinkan Anda mendengarkan voice note tanpa diketahui. Aplikasi tersebut bernama Opus Player, pemutar audio format opus yang digunakan oleh WhatsApp untuk merekam catatan suara.

Setelah menerima pesan suara, buka Opus Player, pilih bulan saat ini dalam daftar, serta hari dan pesan suara terakhir yang diterima akan muncul di akhir daftar. Pilih dan tekan tombol “mainkan” .

Aplikasi ini juga memiliki widget yang memungkinkan Anda membuka catatan suara langsung dari WhatsApp.

3. Teruskan

Cara terakhir dan paling mudah yakni dengan meneruskannya ke nomor WhatsApp Anda yang lain. Anda juga bisa meneruskannya ke teman yang Anda percaya. Selain itu, Anda bisa membuat grup kosong yang hanya berisi Anda untuk meneruskan voice note tersebut.

Metode ini memungkinkan Anda mendengarkan salinan pesan suara bukan yang asli. Satu-satunya kelemahan adalah, dengan melakukannya, Anda membuat salinan file di memori, setiap kali, dengan risiko penyumbatan memori dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Ahli Ungkap Aplikasi Tracing Harus Dilakukan Audit

Baca Juga: Cara Mencegah Orang Tak Dikenal Mengundang ke Grup WhatsApp Tanpa Izin

(nit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini