Cara Hemat Kuota saat Kelas Online Menggunakan Zoom

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 16 2440186 cara-hemat-kuota-saat-kelas-online-menggunakan-zoom-AMidRIlNbm.jpeg Cara Hemat Kuota Lewat Zoom (Foto: Unsplash/Charles Deluvio)

JAKARTA- Aplikasi Zoom masih menjadi andalan saat sekolah daring di tahun ajaran baru kali ini. Hal tersebut lantaran aplikasi dapat digunakan dengan mudah dan mencakup banyak peserta.

Kendati demikian, seperti aplikasi konferensi video lainnya, Zoom tentunya banyak menyedot kuota internet. Untuk itu, Okezone rangkum beberapa tips agar kuota lebih hemat saat menggunakan Zoom, Rabu (14/7/2021).

1. Matikan Suara

Ada baiknya mematikan suara saat Anda tidak diminta bicara. Hal tersebut dapat mengurangi bandwidth dan menghemat kuota.

Gunakan tombol bungkam/mute di sudut kiri bawah layar Zoom untuk mengaktifkan dan menonaktifkan audio Anda.

2. Matikan Kamera

Anda juga lebih baik mematikan kamera apabila memungkinkan. Seperti halnya ketika Anda tidak diharuskan menampakkan muka saat kelas Zoom. Pastinya dengan langkah ini kuota yang dihemat akan lebih banyak.

3. Matikan Video HD

Bila memang harus menggunakan kamera, Anda bisa mencoba cara lain. Salah satunya dengan mengurangi kualitas video.

Cobalah cek apakah Anda telah mengaktifkan resolusi HD, jika iya, matikan resolusi HD. Pasalnya resolusi HD memerlukan lebih banyak data.

Cara untuk mematikan HD pada aplikasi yakni bukalah pengaturan dan klik video pada menu sebelah kiri. Kemudian pada bagian video saya, hapus centang disebelah aktifkan HD (jika dicentang).

Baca Juga: Cara Mengubah Nama Pengguna di Zoom, Dicoba Yuk!

4. Hanya Berbagi Layar Ketika Dibutuhkan

Pastikan untuk berhenti berbagi layar ketika Anda tidak perlu lagi menampilkan layar Anda. Juga, minta agar pengguna lain mematikan berbagi layar mereka ketika mereka selesai. Untuk detail tentang menghidupkan dan mematikan berbagi layar, lihat Bagikan Layar Anda di situs website Zoom.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan dokumen kolaboratif online dibandingkan berbagi layar. Pilihlah layanan tertentu, seperti Box Notes, Office Online Documents, dan Google Apps memungkinkan banyak orang membuka dan mengedit file sekaligus.

Layanan ini dapat menggunakan lebih sedikit data daripada streaming video, sementara masih memungkinkan semua orang untuk melihat perubahan saat itu terjadi atau dekat dengannya.

5. Hindari Jalankan Aplikasi Lain

Tingkatkan keseluruhan kinerja Zoom Anda dengan tidak menjalankan aplikasi lain selama rapat yang mungkin juga menggunakan sebagian besar bandwidth Anda. Contoh program intensif data mungkin termasuk streaming video atau situs musik.

Baca Juga: Ajaran Baru Sudah Dimulai, Ini Cara Akses Zoom Lewat Dekstop dan Ponsel

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini