Huawei Kembangkan Sepeda Otonom, Bisa Jalan Sendiri dan Anti Jatuh

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 56 2439853 huawei-kembangkan-sepeda-otonom-bisa-jalan-sendiri-dan-anti-jatuh-OpYik8r24W.jpeg Prototipe Sepeda Otonom Huawei (Foto: Zhihui Jun)

JAKARTA- Huawei berhasil mengembangkan sepeda otonom yang canggih. Bahkan sepeda tersebut memiliki tingkat keseimbangan yang tinggi. Sehingga tak bisa jatuh bahkan ketika dipermukaan yang tertipis sekalipun.

Melansir laman Gizmochina, Rabu (13/7/2021) sepeda buatan Huawei ini juga hadir dengan serangkaian fitur yang mengesankan seperti sensor presisi tinggi di bodinya, dipasangkan dengan kamera pengenal gambar, dan juga teknologi AI (Artificial Intelligence). Ini memungkinkan sepeda mampu berjalan tanpa perlu bantuan manusia.

Insinyur Huawei yang memimpin proyek ini, Zhihui Jun mendapatkan ide membuat sepeda ini setelah dia mengalami cedera akibat kecelakaan sepeda. Cedera ini membuatnya menyadari bahwa ada potensi untuk sepeda self-driving.

Dengan demikian, tim perusahaan mengumpulkan peralatan seperti sistem kontrol otomatis bersama dengan jaringan sensor persepsi, dan chip yang bertindak sebagai otak sistem dan menyediakan daya komputasi yang diperlukan.

Jun pertama kali mulai membuat model sepeda di CAD, dan kemudian menambahkan dua motor brushless besar dan perangkat kemudi pada prototipe fisik. Setelah itu, Jun melengkapi sepedanya dengan kamera kedalaman RGBD, akselerometer, giroskop, dan bahkan sensor LiDAR.

Sepeda ini ditenagai oleh baterai berbasis lithium yang dapat bertahan hingga 2 hingga 3 jam, sedangkan modul kontrol utama ditempatkan tepat di bawah jok. Jun melengkapi sepeda dengan modul kontrol yang bekerja mirip dengan sistem yang digunakan dalam satelit buatan untuk menjaga keseimbangannya.

Dengan modul itu, sepeda dapat mendeteksi kemiringan sekecil apa pun dan segera mengirimkan data ke modul kontrol sehingga dapat melakukan perubahan yang memastikan dapat berdiri sendiri. Motor juga membantu menjalankan roda belakang, yang memungkinkannya bergerak tanpa digowes.

Baca Juga: LiDAR Masih Tetap Eksklusif untuk Varian Pro di iPhone 13 Series?

Baca Juga: Pabrik LG di Afrika Selatan Dibakar dan Dijarah Perusuh

(nit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini