Oppo Bikin Buku Putih 6G Pertama, Fokus Soal Ini

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 54 2440557 oppo-bikin-buku-putih-6g-pertama-fokus-soal-ini-Pxy30BlzSa.jpg Oppo Bikin Buku Putih 6G (Foto: Lifewire)

JAKARTA- Vendor smartphone asal China, Oppo baru saja merilis buku putih atau white paper 6G pertamanya. Buku bertajuk “6G Network Architecture Empowered by AI Cube" dibuat debagai panduan dalam mengembangkan teknologi internet generasi keenam (6G).

Buku putih 6G Oppo tersebut pun memberikan penjelasan sistematis industri tentang bagaimana kecerdasan buatan (AI) dapat memberdayakan arsitektur sistem 6G. Seperti diketahui, saat ini China memang sudah memiliki rencana pengembangan 6G dan kemungkinan skenario aplikasi.

"Kami percaya bahwa jaringan 6G akan membentuk kembali cara orang berinteraksi dengan Al dan menjadikan Al benar-benar sebuah infrastruktur," kata Vice President Oppo, Liu Bo seperti diikutip dari laman Giz China, Rabu (14/7/2021).

"Mungkin era Al akan segera datang," imbuhnya.

Liu Bo juga menyampaikan perusahaannya juga telah membentuk tim pra-penelitian untuk 6G untuk melakukan penelitian awal. Tim tersebut juga akan melakukan penelitian awal tentang persyaratan teknis dan bisnis 6G, teknologi utama, karakteristik sistem, dan lainnya.

Tim juga telah membentuk platform pelatihan simulasi AI untuk ide teknis terkait. Pada awal 2019, Oppo merilis kertas putih 5G. Menurut makalah tersebut, 5G akan menciptakan ekosistem digital yang cerdas, organik, dan berkelanjutan. 

Lewat sistem ini, manusia dan benda akan hidup berdampingan secara harmonis dan saling menguntungkan di masa depan. Sekarang, era 5G telah tiba, dengan kemajuan teknologi yang berkelanjutan, 6G tentu tidak lama lagi juga akan hadir.

Baca Juga: OPPO Band Sematkan Fitur Pelacak Saturasi Oksigen

Baca Juga: Ini 4 Fenomena Astronomi yang Terjadi di Pekan Kedua Juli 2021

(nit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini