Sudah Mulai Hadir di Indonesia, Ini 7 Manfaat Jaringan 5G

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 54 2440701 sudah-mulai-hadir-di-indonesia-ini-7-manfaat-jaringan-5g-ZWHLZMC3eH.jpg Manfaat 5G untuk Kehidupan Manusia (Foto: Reuters)

JAKARTA- Jaringan 5G kini sudah mulai hadir di Indonesia. Meskipun belum menyeluruh, jaringan ini sudah bisa dinikmati di beberapa wilayah.

Jaringan 5G ini juga menjanjikan segudang manfaat untuk kehidupan manusia. Dimulai dari kecepatan super tinggi hingga memajukan beberapa sektor digital. Untuk lebih lengkapnya berikut 7 manfaat 5G seperti dirangkum dari akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis (15/7/2021).

1. Sreaming Video yang Lebih Baik

Kehadiran 5G membuat penggunaan konsumsi video akan semakin meningkat karena pengalaman yang akan jauh lebih baik.

Konten yang yang disajikan memiliki resolusi lebih tinggi tanpa perlu khawatir buffering. Teknologi 5G dapat menampilkan video holografik secara langsung.

2. Mobil Tanpa Awak (Otonom)

Teknologi 5G memungkinkan kendaraan otonom dapat mendeteksi bahaya dengan baik, berinteraksi dengan rambu-rambu, mengikuti peta lebih akurat dan bahkan berkomunikasi dengan kendaraan lain.


3. Robotik

Berkat teknologi 5G, kemampuan robot bisa lebih ditingkatkan karena selama ini tantangan besar pengembang robot adalah latensi.

Teknologi kelima ini merupakan jaringan seluler berlatensi rendah dan bandwidth tinggi sehingga memungkinkan robot dibekali AI dan didukung cloud.

4. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Pengalaman VR dan AR akan semakin real-time dan realistis. Sebab selama ini salah satu kelemahan VR dan AR adalah latensi atau jeda wkatu yang emngurangi pengalaman pengguna. Dengan 5G waktu respons menjadi hanya beberapa milidetik.

5. Cloud Gaming

Hadirnya 5G telah membawa serta konektivitas cepat dan latensi rendah yang diperlukan dalam menghadirkan pengalaman bermain game yang halus dan mulus

6. Operasi Jarak Jauh

Teknologi 5G akan sangat membantu dalam kemajuan medis. Koneksi kencang 5G tidak akan kenal batasan. Hal ini lah yang memungkinkan dokter menjangkau pasien dari negara ke negara lainnya hingga ke seluruh penjuru dunia.

7. IoT Semakin Maju

Teknologi 5G akan meningkatkan kualitas dan kemampuan Produk IoT. Kemampuan 5G akan berdampak besar pada penggunaan iOT terutama pada Smart City, Smart Home dan lainnya.


Baca Juga: Twitter Kecolongan, Ada Akun Palsu Dapat Centang Biru

Baca Juga: Instagram Kini Punya Fitur untuk Pulihkan Akun yang Diretas

(nit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini