Fenomena Matahari di Atas Kakbah Terjadi Hari Ini, Catat Jamnya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 56 2441037 fenomena-matahari-di-atas-kakbah-terjadi-hari-ini-catat-jamnya-1Daes9SlqC.jpg Matahari di Atas Kakbah Terjadi Hari Ini (Foto: 92 News)

JAKARTA- Matahari akan berada tepat di atas Kakbah pada hari ini, Kamis (15/7/2021). Fenomena matahari di atas Kakbah ini biasa digunakan oleh umat muslim untuk meluruskan arah kiblat.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mencatat fenomena matahari di atas Kakbah akan terjadi pada pukul 9.26.42 waktu Arab Saudi. Sementara di Indonesia kemungkinan dapat dirasakan pada pukul 16.26.42 WIB atau 17.26.42 WITA atau 18.28.42 WIT.

LAPAN menambahkan fenomena yang juga disebut Istiwa'ul A'zham (Great Culmination) ini terjadi ketika deklinasi Matahari bernilai sama dengan lintang geografis Kakbah.

"Sehingga ketika tengah hari, Matahari tepat berada di atas Kakbah," tulis LAPAN seperti dikutip, Kamis (15/6/2021).

Baca Juga:

Ilmuwan Temukan Antibodi yang Diklaim Bisa Lawan Semua Varian Virus Corona

WhatsApp Uji Coba Pengguna Terhubung ke Dekstop Tanpa Ponsel

LAPAN juga mengatakan sebagian Provinsi Maluku, mulai dari Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kep. Tanimbar, dan Kabupaten Kep. Kei, tidak bisa merasakan fenomena ini.

Kemudian, Kota Tual, Kabupaten Maluku Barat Daya (minus Pulau Wetar), dan Kabupaten Kepulauan Aru, ditambah dengan Provinsi Papua Barat serta Provinsi Papua.

Ini merupakan kedua kalinya fenomena ini terjadi pada tahun ini. Sebelumnya matahari melintas di atas Kakbah juga terjadi pada 27 Mei lalu.Fenomena Matahari di Atas Kakbah Terjadi Hari Ini, Catat Jamnya

(nit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini