Wally Funk, Nenek 82 Tahun yang Bakal Ikut Jeff Bezos Terbang ke Luar Angkasa

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 56 2441347 wally-funk-nenek-82-tahun-yang-bakal-ikut-jeff-bezos-terbang-ke-luar-angkasa-nGNwlpvSbt.jpeg Wally Funk Bakal Ikut Jeff Besoz Terbang (Foto: Blue Origin)

JAKARTA- Pemilik Blue Origin, Jeff Besoz akan mengajak sosok astronot wanita tertua dalam penerbangan wisata luar angkasa pertamanya pada 20 Juli mendatang. Dia adalah Wally Funk yang merupakan mantan pilot pesawat ruang angkasa yang berusia 82 tahun.

Funk sudah menyukai pesawat sejak kecil, dia juga mendapatkan lisensi pilotnya saat remaja. Pada usia 22 tahun dia kemudian bergabung dengan program Lovelace untuk menerbangkan pesawat ruang angkasa NASA Mercury 13 bersama 12 wanita yang lain.

Namun sayang para wanita dalam program tersebut tidak pernah memiliki kesempatan untuk sepenuhnya membuktikan keberanian mereka. Mereka kemudian dikeluarkan dari pelatihan karena statusnya sebagai wanita dan tidak pernah terbang.

Willy Funk Bakal Terbang Bareng Jeff Besoz

Baca Juga:

- Pengguna Clubhouse Kini Bisa Saling Kirim Pesan

- Pecah Rekor, Peneliti Jepang Uji Coba Kecepatan Internet Tembus 319 Terabit Per Detik

Perempuan tampaknya masih dinggap sebelah mata di bidang tersebut. Bahkan hal tersebut bertahan hingga 20 dekade usai kasus Wally Fun dan kawan-kawannya. Seperti diketahui perempuan pertama yang diluncurkan ke orbit yakni Rally Ride pada tahun 1983.

Pada usia 40 tahun, Funk juga sempat melamar ke korps astronot NASA empat kali namun gagal. NASA ingin astronotnya memiliki gelar teknik, dan Funk tidak memilikinya 

Kendati demikian, Funk tidak pernah meninggalkan dunianya. Dia terus terbang di bawah atmosfer bumi, menjadi inspektur keselamatan di Federal Aviation Administration,

Kini Wally Funk akan bergabung dengan kru di roket New Shepard Blue Origin bersama pendiri Jeff Bezos. Dia diperkirakan akan menjadi orang tertua tang terbang kelyar angkasa mengalahkan John Glenn.

(nit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini