Saingi Nintendo Switch, Valve Umumkan Konsol Game Steam Deck

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 326 2441770 saingi-nintendo-switch-valve-umumkan-konsol-game-steam-deck-8vsLu5lrIy.jpg Valve Umumkan Kehadiran Konsol Game Steam Deck (Foto: GSM Arena)

JAKARTA- Valve baru saja mengumumkan kehadiran konsol game terbarunya, Steam Deck. Perangkat pesaing Nintendo Switch itu akan dipasarkan di beberapa negara pada Desember mendatang dan secara global pada 2022.

Melansir laman Polygon, Jumat (16/7/2021) konsol game Steam Deck memiliki body yang lebih besar dari Nintendo Switch. Displaynya datang dengan layar sentuh 7 inci, dua thumbsticks, D-pad, dan tata letak empat tombol.

Ada juga dua trackpad, satu di kedua sisi alat berat dan di bawah thumbstic untuk memungkinkan peningkatan presisi. Steam Deck memiliki delapan pemicu di punggungnya yakni empat di bahu perangkat dan empat lagi di mana tempat jari manis dan kelingking beristirahat.

Steam Deck, Konsol Game Pesaing Nintendo Switch

BACA JUGA:

Selain Wally Funk, Remaja 18 Tahun Ini Bakal Terbang ke Luar Angkasa Bareng Jeff Bezos

Ditunda Lagi, Game Resident Evil RE:Verse Baru Bisa Dimainkan 2022

Steam Deck akan menjalankan game dari perpustakaan Steam pemain yang ada. Pemain cukup masuk ke akun mereka, dan teman serta katalog mereka harus mengikuti mereka ke perangkat genggam.

Steam Deck mampu menjalankan game PC pada perangkat kerasnya sendiri, tanpa kekuatan cloud. Video yang dirilis oleh Valve menunjukkan orang-orang yang menggunakan Steam Deck untuk memainkan game seperti Baldur's Gate 3, Crusader Kings 3, Disco Elysium, Hades, dan Star Wars Jedi: Fallen Order.

Pemain juga dapat membeli dok yang memungkinkan Steam Deck berjalan di TV. Di dalam, Steam Deck menawarkan unit pemrosesan yang dipercepat (APU) yang dibangun oleh AMD.

Kemudian, CPU-nya didasarkan pada mikroarsitektur Zen 2 perusahaan dan mencapai 3,5 GHz. GPU berisi delapan unit komputasi RDNA 2 yang berjalan hingga 1,6 GHz, memberikan kinerja puncak 1,6 teraflops.

Sistem ini mengemas 16 GB RAM dan slot kartu microSD, memungkinkan pengguna untuk memperluas penyimpanan internal. Layar 7 inci Steam Deck adalah LCD dengan rasio aspek 16:10 dan kecepatan refresh 60 Hz pada resolusi 720p 1280x800.

Steam Deck juga dilengkapi radio Wi-Fi 802.11ac dual-band kompatibel dengan jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz dan Bluetooth 5.0 untuk pengontrol, aksesori, dan audio.

Untuk daya, Steam Deck dilengkapi dengan baterai 40 Wh. Valve mengklaim baterai tersebut dapat bertaham hingga 7-8 jam untuk penggunaan ringan. 

Nantinya, Steam Deck akan tersedia dalam tiga model dengan opsi penyimpanan berbeda. Valve mengungkapkan tidak ada perbedaan kinerja antara ketiga versi selain dari kecepatan memori flash, yang akan memberikan kecepatan baca dan tulis yang bervariasi.

Model paling dasar dibanderol USD399 atau Rp5,7 juta dan menawarkan penyimpanan 64 GB dalam format eMMC. Model selanjutnya memiliki harga USD529 atau Rp7, 6 juta dan mengemas penyimpanan yang lebih cepat berkat 256 GB PCIe 3.0 NVMe SSD.

Model itu juga dilengkapi dengan bundel profil Komunitas Steam eksklusif. Steam Deck tingkat atas, seharga USD649 atau sekira Rp9,3 juta. odel ini dibekali termasuk SSD NVMe 512 GB. Selain menawarkan kecepatan tinggi, model ini menampilkan kaca anti-silau premium.

Unit ini dilengkapi dengan tas jinjing eksklusif dan tema keyboard virtual eksklusif, selain bonus model yang lebih murah. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini