Valve Rilis Steam Deck, Era Konsol Game Genggam Belum Mati

Andaru Danurdana, Jurnalis · Sabtu 17 Juli 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 17 326 2442106 valve-rilis-steam-deck-era-konsol-game-genggam-belum-mati-pv5y8jCMRN.jpg Era Konsol Game Genggam Belum Mati (Foto: Valve)

JAKARTA- Di tengah meningkatnya game ponsel, era konsol game genggam diperkirakan akan mati. Hal tersebut sempat diprediksi oleh Tim Marketting Sony, John Koller.

Terlebih ketika PS Vita yang dirilis pada 2011 mulai mati tak lama setelahnya. Namun, kehidupan konsol game genggam tampaknya masih baik-baik saja sejak 2016.

Bahkan Valve baru saja mengumumkan peluncuran konsol game genggam terbarunya. Kemudian, Nintendo tak mau kalah dengan dibukanya pemesanan Nintendo Switch versi terbaru.

Melansir laman The Verge, Sabtu (17/7/2021) konsol game tersebut diklaim hadir lebih besar, lebih cerah, dan lebih kokoh. Selain itu, dua produsen konsol pihak ketiga, Panic dan Analogue, juga mengumumkan rilisnya Game Boy versi mereka sendiri.

Era Konsol Game Genggam Belum Mati

BACA JUGA:

WhatsApp hingga Telegram Jadi Target Scammer Sebar Link Berbahaya

Canggih, Wastafel di Jepang Dilengkapi Tempat Simpan Ponsel dengan UV Sterilizer

Tak hanya itu, anggapan Sony juga ditepis keras oleh Nintendo lima tahun yang lalu. Perusahaan gaming itu menciptakan sesuatu yang berhasil mengaburkan batas antara konsol game genggam dengan konsol rumahan dengan Switch-nya yang menjadi sebuah gawai wajib-punya di kalangan gamers.

Nintendo Switch berhasil menjual lebih adri 84 juta unit dan mendapatkan banyak upgrade dalam versi-versi terbarunya, pertama dengan Switch Lite dan kini dengan Switch OLED, semua versi yang ada masih laku keras bagi para fans Nintendo maupun gamer awam sekalipun.

Steam Deck pun merupakan gawai yang mirip Switch, diciptakan Valve agar gamer bisa menikmati game dikala bepergian, dengan mode genggam, maupun ketika di rumah, dengan mode docking. Secara mendasar, Steam Deck adalah Nintendo Switch tanpa game keluaran Nintendo.

Meski Valve belakangan ini sering merilis “konsol” mereka sendiri seperti Steam Box dan Steam Controller beberapa tahun lalu, diperkirakan Steam Deck tak akan bisa menjadi pengganti Switch; namun, bagi para fans Valve dan pemuja Gabe Newell, Steam Deck tentunya bisa membuat sebuah ceruk kecil di dunia gaming yang lumayan signifikan.

Klaim eksekutif Sony bahwa game ponsel akan bunuh konsol genggam tampaknya tak terjadi. Dua jenis platform itu memiliki pasar yang berbeda, game ponsel dengan pasar free-to-play yang mengandalkan game ringan dan microtransactions, dan game konsol genggam dengan pasar eksklusif masing-masing developer yang mengandalkan game ber-budget ribuan dolar Amerika.

Memasuki paruh ke-dua tahun 2021, Nintendo masih menjadi pemimpin dalam bidang konsol handheld. Meskipun begitu, beberapa perusahaan masih merasa berani mengikuti jejak Nintendo dan menciptakan Switch versi mereka sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini