Pakai Toilet Canggih Ini, Mahasiswa di Korsel Justru Dapat Uang Digital

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 18 Juli 2021 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 17 56 2442303 pakai-toilet-canggih-ini-mahasiswa-di-korsel-justru-dapat-uang-digital-rgOpv07aiw.jpeg Pakai Toilet Canggih Ini Mahasiswa Dibayar Uang Digital (Foto: Reuters)

JAKARTA- Profesor Teknik Lingkungan dan Perkotaan di Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST), Korea Selatan, Cho Jae Weon berhasil menciptakan toilet canggih. Toilet tersebut terhubung dengan laboratorium yang mengubah kotoran manusia menjadi energi listrik dan pupuk.

Toilet canggih buatan Jae Weon diberi nama BeeVi yang diambil dari kata "bee" dan "vision." BeeVi memanfaatkan pompa vakum untuk menerima limbah. Kemudian mengirimkannya ke tangki penyimpanan dimana mikroorganisme memecah kotoran dan mengisolasi gas metana.

Toilet Canggih Ubah Jadi Energi Listrik

BACA JUGA:

- Aplikasi Laut Nusantara Punya Fitur Baru Bisa Deteksi Lokasi Ikan Tuna

- NASA Akhirnya Berhasil Perbaiki Teleskop Hubble

"Jika kita berpikir secara tak biasa, tinja punya nilai berharga untuk membuat energi dan pupuk. Saya telah memanfaatkan nilai itu ke dalam sirkulasi ekologis," kata Jae Weon seperti dikutip dari Sora News24, Minggu (18/7/2021).

Menariknya mahasiswa yang menggunakan toilet canggih tersebut nantinya mendapatkan uang digital 10 Ggool per hari. Dengan uang tersebut mereka dapat membeli kopi hingga mie instan di kantin sekolah. Caranya dengan memindai kode QR dan membayarnya dengan Ggool.

Toilet Canggih Ubah Jadi Energi Listrik

BeeVi saat ini dipasang pada laboratorium di kampus dan bahan bakarnya digunakan untuk memberi data pada gedung.

"Rata-rata orang membuang sekitar 500 gram tinja sehari, yang bisa diubah menjadi 50 liter gas metana," ungkap Cho. Adapun gas metana sebanyak itu dapat menghasilkan 0,5 kW listrik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini