Pertama Kali Bawa Manusia Terbang ke Angkasa, Intip Persiapan Blue Origin

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 56 2443034 pertama-kali-bawa-manusia-terbang-ke-angkasa-intip-persiapan-blue-origin-C8kIAMsDcs.jpg Persiapan Penerbangan Luar Angkasa Blue Origin (Foto: Blue Origin)

JAKARTA- Perusahaan milik Jeff Bezos, Blue Origin akan melakukan penerbangan wisata luar angkasa perdana pada 20 Juli 2021 waktu setempat. Ini juga menandakan pertama kali kalinya perusahaan tersebut menerbangkan manusia ke luar angkasa dengan roket New Shepard-nya.

Sebelum meluncur, Blue Origin merilis video pendek yang menunjukkan seberapa jauh kemajuan pesawatnya sejak peluncuran uji pertama pada tahun 2015.

"Penerbangan manusia pertama kami pada hari Selasa akan menjadi penerbangan ke-16 dalam sejarah #NewShepard . Pelajari tentang program peluncuran yang ketat yang membawa kami ke langkah pertama ini. Saksikan peluncurannya secara langsung di https://t.co/7Y4TherpLr, mulai pukul 6:30 pagi CDT / 11:30 UTC," tulis Blue Origin di Twitter seperti dikutip pada, Senin (19/7/2021).

Persiapan Blue Origin Terbang ke Angkasa

 BACA JUGA:

Bakal Cetak Sejarah, Jeff Bezos Bawa Manusia Termuda dan Tertua ke Angkasa

Ashton Kutcher Batal Liburan ke Luar Angkasa Usai Dilarang Istri

Dalam video yang diunggah, terlihat Direktur Senior Blue Origin untuk Desain New Shepard, Gary Lai yang menjelaskan bagaimana tim telah mengikuti pendekatan langkah demi langkah yang agresif di 15 penerbangan uji booster suborbital satu tahap.

Pekerjaan itu juga mencakup pengujian menyeluruh terhadap kapsul kru. Misalnya, pendaratan dilakukan di mana tim sengaja tidak mengerahkan salah satu parasut utama untuk memastikan bisa mendarat dengan selamat dengan yang tersisa.

Tes kapsul lainnya melibatkan penembakan dari roket di landasan peluncuran jika terjadi anomali serius sesaat sebelum lepas landas, dan melakukan urutan pembatalan yang sama beberapa kali selama penerbangan.

Penerbangannya yang lebih baru, yang terakhir terjadi pada April, telah mengambil muatan sains sambil memungkinkan tim untuk terus menguji sistem yang terkait dengan roket dan kapsul.

Semua penerbangan telah berhasil kecuali yang pertama ketika New Shepard gagal mendarat tegak di landasan peluncuran tak lama setelah peluncuran, seperti yang dirancang untuk dilakukan. Kapsul, di sisi lain, telah mendarat dengan selamat di semua misi.

New Shepard nantinya akan membawa 4 penumpang ke angkasa, diantaranya sang pemilik Jeff Bezos dan saudaranya Mark Bezos. Selain itu, penerbangan juga akan membawa manusia termuda dan tertua yang pernah ke angkasa.

Persiapan Blue Origin Terbang ke Angkasa

Mereka adalah anak konglomerat asal Belanda, Oliver Daemen (18) dan mantan calon astronot, Wally Funk (82). Misi akan diluncurkan dari fasilitas Blue Origin di Texas Barat, akan berlangsung hanya 10 menit. Blue Origin berencana menggunakan acara tersebut untuk memamerkan layanan wisata luar angkasa yang direncanakan perusahaan.

Sebelumnya, Virgin Galactic, juga meluncurkan pendiri nya miliarder Richard Branson dalam perjalanan serupa pada 11 Juli 2021. Perusahaan tersebut juga akan meluncurkan layanan wisata luar angkasa yang dibanderol dengan harga Rp2,9 miliar hingga Rp3,6 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini