4 Bahaya Beli Followers untuk Akun Media Sosial

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 57 2442982 4-bahaya-beli-followers-untuk-akun-media-sosial-oogzpd4kTg.jpg Bahaya Beli Followers untuk Akun Media Sosial (Foto: Unsplash)

JAKARTA- Jumlah pengikut atau followers kerap kali menjadi patokan seberapa populer seseorang di media sosial.Tak sedikit pula yang rela untuk membeli followers demi terlihat keren. 

Namun tahukan Anda, ada bahaya yang mengintai saat keranjingan beli followers. Terlebih platform media sosial baik Twitter, Instagram, Facebook, TikTok dan lainnya sama-sama melarang penggunaan followers palsu.

Mereka selalu mengawasi akun-akun yang memiliki aktivitas mencurigakan. Bahkan tak segan untuk membekukan sementara akun tersebut.

Tidak hanya itu, masih ada bahaya lain yang akan ditimbulkan, berikut ulasannya seperti dikutip dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Senin (19/7/2021).

1. Interaksi Menjadi Rendah

Saat membeli followers, akun yang didapatkan adalah akun palsu atau bot. Jadi hanya secara jumlah angka yang bertambah, tapi tidak ada interaksi.

 Bahaya Beli Followers untuk Akun Media Sosial

BACA JUGA:

WhatsApp Uji Coba Pencadangan Pesan Terenkripsi di Cloud

Ashton Kutcher Batal Liburan ke Luar Angkasa Usai Dilarang Istri

2. Sulit Mengukur Performa

Akun Instagram yang memiliki followers palsu bisa membuat knerjanya sulit diukur berdasarkan data. Salah satunya kerena jumlah interaksi tidak sesuai atau relatif kecil dibandingkan jumlah followers.

3. Menurunkan Reputasi Akun

Follower palsu sangat mudah dilacak. Pengguna bisa langsung memerika akun palsu dengan karena memiliki ciri khas tertentu atau menggunakan tools persentase fake followers.

4. Rawan Kena Suspend atau Pemblokiran Akun

Platform media sosial seperti Instagram sering melakukan pengecekan atau bersih-bersih akun yang dicurigai. Jika akun terdeteksi memiliki followers palsu dan tidak wajar, tidak menutup kemungkinan pihak perusahaan akan memblokir akun tersebut.

Jadi perlu diingat ya, banyaknya jumlah followers bukan menjadi jaminan kualitas sebuah akun. Oleh karena itu buatlah konten yang menarik perhatian followers organik agar mendapatkan engagement yang optimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini