Fakta Tentang Fenomena Kesurupan Menurut Sains

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 56 2443184 fakta-tentang-fenomena-kesurupan-menurut-sains-6RscLexXMt.jpg Fakta Fenomena Kesurupan Menurut Sains (Foto: Ilustrasi Okezone)

JAKARTA- Fenomena kesurupan mungkin kerap kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Biasanya orang-orang yang kesurupan mengalami perubahan diri seperti suara yang berubah, tatapan mata menakutkan, hingga melakukan hal yang tak biasa.

Tak hanya sampai disitu beberapa dari mereka bahkan bisa berbahasa asing yang juga disebut xenolalia. Fenomena kesurupan memang kerap dihubungkan dengan hal-hal yang mistis.

 Fakta Fenomena Kesurupan Menurut Sains

BACA JUGA:

Orang yang Divaksin Covid-19 Disebut Punya Gelombang Bluetooth, Ini Faktanya

Pertama Kali Bawa Manusia Terbang ke Angkasa, Intip Persiapan Blue Origin

Namun, tahukah Anda ternyata fenomena ini juga ada penjelasan secara ilmiahnya. Menurut buku Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia, fenomena kesurupan dalam bahasa kedokteran disebut possession trans yang artinya proses sementara pergantian identitas pribadi atau identitas baru.

Pasalnya orang yang kesurupan kerap kali berperilaku seperti orang asing dan aneh. Terkadang orang yang kesurupan juga energinya lebih tinggi dari kekuatannya biasanya. Sehingga biasanya ketika proses kesurupan selesai, mereka akan lupa semua kejadian.

(nit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini