Wally Funk, Nenek 82 Tahun yang Ikut Penerbangan ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 56 2443628 wally-funk-nenek-82-tahun-di-penerbangan-blue-origin-WEn4Wscv6B.jpeg

JAKARTA- Mantan calon astronot Wally Funk akhirnya meluncur ke luar angkasa bersama Blue Origin pada 20 Juli 2021 waktu setempat. Nenek 82 tahun tersebut telah menantikan hal tersebut selama 60 tahun lebih.

Seperti diketahui, Wally Funk sempat mengikuti pelatihan bersama beberapa calon astronot wanita lainnya untuk misi Mercury 13 tahun 1960-an. Namun dia bersama teman-temannya gagal terbang lantaran alasan mereka seorang perempuan.

"Saya tidak berpikir saya akan pernah bisa naik (pergi ke angkasa," kata Wally Funk seperti dikutip dari laman BBC, Rabu (21/7/2021).

Wally Fun diketahui terbang bersama pemilik Blue Origin dan saudaranya, Jeff Bezos dan Mark Bezos. Tak hanya itu, ada juga remaja berusia 18 asal Belanda, Oliver Daemen yang ikut dalam penerbangan.

 BACA JUGA:Intip Perjalanan Blue Origin Bawa Manusia Pertama Kali ke Angkasa

Mereka meluncur dengan roket New dari gurun Texas. Roket tersebut melaju dengan kecepatan hampir tiga kali kecepatan suara, mencapai ketinggian hampir 100 km (62 mil) di atas permukaan bumi. Kapsul itu kemudian kembali ke Bumi menggunakan parasut dalam perjalanan yang berlangsung sekitar 10 menit lebih.

Saat Funk keluar dari kapsul, dia tampak gembira dan merentangkan tangannya lebar-lebar saat kerumunan kecil bersorak.

 BACA JUGA:Meluncur ke Angkasa, Jeff Bezos: Hari Terbaik yang Pernah Ada!

Untuk diketahui, Wally Funk dilahirkan di New Mexico pada tahun 1939. Dia juga telah menyukai dunia penerbangan sejak kecil dan mengambil pelajaran terbang pertamanya pada usia sembilan tahun.

Sejak itu, dia telah mencatat 19.600 jam terbang sepanjang karirnya dan mengajar sekitar 3.000 orang untuk terbang.

(nit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini