Jeff Bezos Meluncur Lebih Jauh dari Richard Branson ke Luar Angkasa

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 56 2443654 jeff-bezos-meluncur-lebih-jauh-dari-richard-branson-ke-luar-angkasa-JdX3K0Bsxi.jpeg Jeff Besoz Meluncur Lebih Jauh dari Richard Branson ke Angkasa (Foto: NDTV)

JAKARTA- Penerbangan luar angkasa Blue Origin milik Jeff Bezos dikabarkan lebih jauh dari Virgin Galactic milik Richard Branson. Hal tersebut lantaran roket New Shepard miliknya membawa awak melewati garis Kármán, yakni batas ruang yang diakui secara internasional, pada ketinggian hampir 330.000 kaki, atau kira-kira 62 mil di atas Bumi.

Sementara itu Richard Branson dengan roket SpaceShipTwo-nya mencapai ketinggian puncak sekitar 282.000 kaki. Ini artinya penerbangan itu melampaui batas ruang Bumi yang ditetapkan NASA sejauh 50 mil, namun jatuh jauh dari garis Kármán. 

Jeff Bezos Meluncur Lebih Jauh dari Richard Branson

BACA JUGA:

Wally Funk, Nenek 82 Tahun yang Ikut Penerbangan ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos

- Intip Perjalanan Blue Origin Bawa Jeff Bezos, Manusia Pertama ke Angkasa

Melansir laman NPR, Rabu (21/7/2021) selain ketinggian, peluncuran New Shepard memiliki beberapa perbedaan penting lainnya dengan penerbangan Branson pada 11 Juli. Alih-alih lepas landas dari landasan, pesawat Virgin Galactic dijatuhkan dari bawah pesawat yang dirancang khusus sekitar 50.000 kaki sebelum menembakkan mesin pendakiannya. Pesawat ruang angkasa Virgin Galactic juga meluncur kembali ke Bumi untuk pendaratan landasan pacu seperti pesawat ulang-alik.

Sebaliknya, New Shepard setinggi 60 kaki diluncurkan seperti roket konvensional, dan kapsulnya dirancang untuk kembali ke Bumi dan menggantung dari tiga parasut dengan cara yang mirip dengan penerbangan luar angkasa manusia NASA pada 1960-an dan 70-an.

Namun, boosternya kembali ke pad untuk melakukan soft touchdown sehingga dapat digunakan kembali nanti. Kemudian Bezos dan tiga awak lainnya berada di atas kapal, kembali ke dataran tinggi Texas menggunakan roket rem, bukannya jatuh ke laut.

Blue Origin Terbang ke Angkasa

Seperti diketahui, Jeff Bezos berhasil meluncur ke luar angkasa pada 20 Juli 2021. Tidak sendiri dia bersama saudaranya, Mark Bezos, mantan calon astronot, Wally Funk, dan remaja 18 tahun, Oliver Daemen. Ini juga

menjadi penerbangan pertama Blue Origin membawa manusia ke luar angkasa. Selain itu penerbangan tersebut juga membawa manusia tertua Funk (82) dan termuda Oliver (18) yang pernah ke angkasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini