Melihat Wujud New Shepard, Roket yang Bawa Jeff Bezos Meluncur ke Luar Angkasa

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 56 2443690 melihat-wujud-new-shepard-roket-yang-bawa-jeff-bezos-meluncur-ke-luar-angkasa-6SFgS5QlbC.jpg Mengintip Roket New Shepard yang Bawa Jeff Bezos ke Luar Angkasa (Foto: Blue Origin)

JAKARTA- Jeff Bezos akhirnya sukses meluncurkan wisata luar angkasa pertamanya dengan roket buatan Blue Origin, New Shepard. Sang miliarder dan tiga penumpang lainnya menghabiskan sekitar 11 menit dalam misi manusia perdana Blue Origin.

Seperti pada umumnya, roket New Shepard ini melesat secara vertikal. Tak lama setelah meluncur, mesin utama dimatikan dan kapsul penumpang memisahkan diri dari roket.

Mengintip Roket New Shepard yang Bawa Jeff Bezos ke Luar Angkasa

BACA JUGA:

Jeff Bezos Meluncur Lebih Jauh dari Richard Branson ke Luar Angkasa

Wally Funk, Nenek 82 Tahun yang Ikut Penerbangan ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos

Roket setinggi 18 meter ini memang terdiri dari dua sistem yaitu roket pendorong dan kapsul penumpang. Sistem roket ini dirancang untuk bisa dipakai berulang kali. Kapsul yang sepenuhnya otomatis tanpa pilot itu juga menawarkan jendela terbesar yang pernah dibuat untuk pesawat ruang angkasa.

Melansir laman The Sun, Rabu (21/7/2021), Blue Origin mengungkapkan ada enam jendela observasi yang hampir tiga kali lebih tinggi dari yang ada di pesawat jet Boeing 747 dan terbesar yang pernah digunakan di luar angkasa.

Mengintip Roket New Shepard yang Bawa Jeff Bezos ke Luar Angkasa

Para penumpang juga dapat menikmati pemandangan lewat jendela besar yang ada di dekat masing-masing kursi. Interior kabin kapsul New Shepard di desain dengan tampilan mewah dan canggih.

Begitu mencapai gravitasi nol, para penumpang bisa melepaskan sabuk pengamannya dan merasakan sensasi melayang di luar angkasa. Pengalaman tersebut juga dibagikan Jeff Bezos di Instagram miliknya.

Dia bersama tiga penumpang lainnya tampak kegirangan saat melayang di dalam kapsul. Mereka juga menikmati pemandangan Bumi dari luar angkasa.

"Seperti inilah bagaimana ini dimulai," tulis Jeff Bezos. 

Mengintip Roket New Shepard yang Bawa Jeff Bezos ke Luar Angkasa

Lebih lanjut, nama roket ini terinsipirasi dari Alan Shepard, astronot NASA yang menjadi orang Amerika pertama yang terbang ke luar angkasa pada tahun 1961.

New Shepard merupakan roket yang dikembangkan oleh Blue Origin khusus untuk wisata antariksa. Blue Origin sendiri telah menyelesaikan 15 uji terbang ke luar angkasa sejak 2015.

Perusahaan diharapkan segera membuka penjualan tiket setelah Bezos terbang, sebab sudah banyak yang mengantre.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini