Wisata ke Luar Angkasa Capai Rp799 Miliar, Apa Saja yang Didapat?

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 56 2443758 wisata-ke-luar-angkasa-capai-rp799-miliar-apa-saja-yang-didapat-zy063xxxQb.jpg Tiket Wisata Capai Rp799 Miliar, Dapat Apa Saja? (Foto: Al Jazeera)

JAKARTA- Beberapa perusahaan penerbangan berlomba-lomba untuk meluncurkan wisata luar angkasa miliknya. Seperti diketahui, sebelumnya, Virgin Galactic milik Richard Branson telah meluncur lebih dulu pada 11 Juli silam.

Kemudian disusul dengan, Jeff Bezos melalui roket New Shepard Blue Origin miliknya berhasil menembus garis Karman pada 20 Juli 2021. Dua penerbangan luar angkasa tersebut menghabiskan biaya yang tidak murah.

Apa Saja yang didapat saat ikut Wisata Luar Angkasa?

BACA JUGA:

Apple Cuma Jual iPhone 5G Mulai Tahun Depan?

Jeff Bezos Meluncur Lebih Jauh dari Richard Branson ke Luar Angkasa

Bahkan untuk penerbangan dengan Virgin Galactic seseorang harus membayar tiket USD250.000 atau sekira Rp 3,6 miliar. Sedangkan untuk sebuah kursi di penerbangan pertama New Shepard milik Blue Origin telah sukses dilelang dengan harga USD 24 juta atau sekira Rp 406 miliar pada bulan Juni.

Sayang, Blue Origin belum mengungkapkan lebih lanjut soal harga kursi komersilnya. Sementara itu, Axiom Space akan menumpang roket Crew Dragon milik Space X dan bepergian ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada tahun 2022. Penerbangan tersebut dikabarkan menelan biaya USD55 juta atau sekira Rp 799 miliar per kepala.

Lalu apa saja yang akan peserta dapatkan dengan membayar harga tersebut? Berikut penjelasannya:

Blue Origin

Sebelum naik, penumpang harus menunjukkan bahwa mereka dapat tidak takut ketinggian, berjalan di permukaan yang tidak rata. Para peserta juga akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu dan juga akomodasi di tempat.

"Ada beberapa hari pelatihan sebelum penerbangan," kata juru bicara Blue Origin kepada Business Insider.

"Beberapa pelatihan mencakup prosedur pembelajaran untuk masuk dan keluar dari kapsul, simulasi misi, dan mempelajari teknik untuk bergerak di nol-g." sambungnya.

 Apa Saja yang didapat saat ikut Wisata Luar Angkasa?

 BACA JUGA:

Wally Funk, Nenek 82 Tahun yang Ikut Penerbangan ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos

Apple Cuma Jual iPhone 5G Mulai Tahun Depan?

Virgin Galactic

Sekitar 600 pelanggan di 58 negara telah membayar USD 250.000 untuk kursi di pesawat ruang angkasa Unity Virgin Galactic, yang akan membawa mereka ke tepi luar angkasa.

Seorang juru bicara dari Virgin Galactic mengatakan bahwa tiket tersebut termasuk: penerbangan, latihan, dan pakaian luar angkasa

Tidak seperti roket New Shepard Blue Origin, Unity tidak akan melewati garis Kármán, batas imajiner antara atmosfer dan ruang angkasa. Ketika Virgin Galactic mencapai ketinggian ini, penumpang akan mengalami beberapa menit tanpa bobot sebelum pesawat ruang angkasa kembali ke Bumi.

Axiom Space

Untuk tiket misi Axiom Space yang menumpang Crew Dragon SpaceX ke ISS akan mencakup: pelatihan, perencanaan misi, kebutuhan hidup, kebutuhan medis, kru delapan hari di ISS.

Menurut NASA bagi seorang astronot yang tinggal di ISS menghabiskan biaya sekitar USD 6,8 juta atau sekira Rp9,7 miliar per hari

Menurut daftar harga NASA tahun 2021, biayanya USD 2.000 atau Rp2,9 juta per anggota awak per hari untuk makanan dan minuman di atas ISS.

Biaya ini juga akan membebani setiap orang sebanyak USD1.500 atau Rp2,1 juta per hari untuk hal-hal seperti pakaian, produk kebersihan, perlengkapan kantor, dan kantong tidur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini