Hari Anak Nasional, Pelajar Abad 21 Bisa Akses Informasi Berlimpah Dibanding Generasi Sebelumnya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 57 2444940 hari-anak-nasional-pelajar-abad-21-bisa-akses-informasi-berlimpah-dibanding-generasi-sebelumnya-RaJLSAfHgx.jpg Pelajar Abad 21 Bisa Akses Informasi Lebih Mudah Dibanding Sebelumnya (Foto: School Education Gateway)

JAKARTA- Salah satu hak anak yang harus dipenuhi kewajibannya oleh orangtua adalah pendidikan. Namun perlu diketahui, strategi pembelajaran tahun demi tahun pun berubah sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada.

Terlebih setahun belakangan ini  pandemi Covid-19 berlangsung, yang membuat anak Indonesia belum bisa melakukan kegiatan belajar di sekolah seperti biasanya.

Mereka terpaksa harus melakukan sekolah online dari rumah dan dibimbing oleh orangtua masing-masing. Beruntungnya, pandemi Covid-19 terjadi di abad ke-21, dimana teknologi sudah berkembang pesat saat ini.

Sehingga, pelajar yang tidak bisa pergi ke sekolah atau perpustakaan umum bukan berarti mereka tidak bisa mendapatkan ilmu. Karena saat ini, internet sedang berkembang pesat. Hampir semua kalangan usia kini bisa menggunakan internet.

Hari Anak Nasional, Pelajar Abad 21 Bisa Akses Informasi Berlimpah Dibanding Generasi Sebelumnya

BACA JUGA:

Menkominfo Sebut Vaksin Covid-19 Mampu Tekan Angka Kematian di Jakarta

CEO Telegram Jadi Target Spyware Pegasus

"Pelajar abad ke-21 bisa mendapatkan akses informasi yang berlimpah. Kalau dahulu harus ke perpustakaan, saat ini buka sosial media saja sudah banyak informasi yang bisa didapat," ujar Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo pada webinar ISLTF Education Festival 2021, Jumat (23/7/2021).

Perubahan pesat yang terjadi di dunia teknologi pun menciptakan kemampuan untuk berkolaborasi pada setiap anak. Saat ini, setiap siswa-siswi pun berkesempatan untuk menjadi seorang influencer.

"Sekarang setiap siswa-siswi yang duduk di kelas bisa jadi influencer. Mereka bisa berkontribusi membagikan informasi," tuturnya.

Dengan adanya kecerdasan teknologi saat ini, diharapkan pandemi Covid-19 pun bukanlah penghalang anak-anak untuk tidak bisa belajar dan bersekolah. Mereka bisa mendapatkan masa depan yang cerah jika mau berusaha mendapatkan ilmu dari berbagai sumber.

(nit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini