Meski Melakukan Perjalanan Luar Angkasa, Jeff Bezos dan Richard Brason Bukan Astronot

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 26 Juli 2021 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 56 2445964 meski-melakukan-perjalanan-luar-angkasa-jeff-bezos-dan-richard-brason-bukan-astronot-P5jaGgQQ29.jpg Blue origin (Foto: Entrepreneur)

DUA miliader Jeff Bezos dan Richard Brason baru-baru ini sukses melakukan penerbangan ke luar angkasa dengan pesawat antariksa masing-masing perusahaan mereka. Namun , tidak setiap orang yang pergi ke luar angkasa bisa secara resmi dianggap sebagai astronot.

Sebab, Badan Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) mengumumkan perubahan pada program Commercial Astronaut Wings untuk pertama kalinya dalam 17 tahun.

 Jeff Bezos

FAA lebih memperketat aturan tentang bagaimana memberikan gelar astronot kepada mereka yang melakukan penerbangan luar angkasa pribadi.

Dilansir dari BBC, Sabtu (24/7/2021), aturan baru tersebut menyatakan bahwa calon astronot harus menjadi bagian dari awak pesawat dan memberikan kontribusi untuk keselamatan penerbangan luar angkasa.

Dengan demikian Bezos dan Branson, belum layak untuk menyandang predikat astronot. Dalam perjalanan ke antariksa, keduanya hanya berperan sebagai penumpang.

Pembaruan ini diumumkan bertepatan dengan hari yang sama ketika Bezos dari terbang dengan roket Blue Origin ke tepi luar angkasa.

Program itu mengatur bahwa seseorang layak disebut sebagai astronot jika ia telah terbang sejauh 80 kilometer di atas permukaan Bumi. Bezos maupun Branson sudah memenuhi syarat ini.

Tapi, selain ketinggian, badan tersebut mengatakan calon astronot juga harus menunjukkan aktivitas selama penerbangan yang penting untuk keselamatan publik, atau berkontribusi pada keselamatan penerbangan antariksa manusia.

Bezos dan tiga anggota awak lainnya yang terbang di pesawat ruang angkasa Blue Origin disebut mengklaim atas gelar astronot yang didambakan tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini