Mengenal Robot Delta, Diciptakan untuk Melawan Virus Corona

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 56 2446547 mengenal-robot-delta-diciptakan-untuk-melawan-virus-corona-DVCT0zZ8xs.jpg Robot delta (Foto: Antara)

RUPANYA warga RT 3/ RW 2 di Jalan Tembok Gede III, Kelurahan Bubutan, Surabaya mampu menciptakan robot delta. Nama robot delta sendiri diambil dari varian virus corona, yakni varian delta.

Bukan tanpa alasan warga menciptakan robot delta. Mereka melakukannya karena warga secara swadaya dan otodidak mampu membuat robot dari barang-barang bekas pakai.

Pembuatan robot delta sendiri dipimpin oleh Ketua RT 3 bernama Aseyan. Ia memang sudah terbiasa membuat berbagai robot.

robot delta 

"Fungsi dari robot ini untuk menyemprotkan disinfektan di wilayah permukiman warga. Robot ini bisa berjalan dan menyemprotkan disinfektan untuk melawan virus corona," ujar Aseyan.

Robot delta menyemprot disinfekatan ke rumah warga-warga. Selain itu juga bisa dioperasikan jarak jauh pakai remot, bisa berjalan hingga radius 100 meter.

Selain untuk menyemprotkan disinfektan, robot ini juga bisa sebagai pelayan yang bisa menghidangkan makanan ke tamu-tamu yang berkunjung.

"Memang robot ini dibuat secara swadaya. Satu unit robot belasan juta, namun pakai bahan bekas semua. Saya sendiri menciptakan robot denan belajar otodidak," tambah Aseyan.

Seperti dikutip dari Antara, Warga berharap nanti jika pandemi usai, diharapkan robot-robot ini bisa menarik wisatawan ke depannya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini