Rover NASA Siap Kumpulkan Sampel Batuan yang Akan Dikirim ke Bumi

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 56 2446845 rover-nasa-siap-kumpulkan-sampel-batuan-yang-akan-dikirim-ke-bumi-rNusoyCJ6P.jpg Planet Mars (Foto: Aawsat)

ROVER Perseverance milik NASA sedang bersiap-siap untuk mengumpulkan sampel batuan pertamanya di Mars. Batuan ini nantinya akan dibawa kembali ke Bumi untuk diteliti.

Perseverance melakukan perjalanan ke arah selatan, tepat di titik awal rover milik NASA itu mendarat pada bulan Februari lalu.

Proses pengambilan sampel tersebut akan berlangsung selama 11 hari. Batuan yang digambarkan sebagai batu paver datar itu diharap akan memberikan gambaran dasar tentang seperti apa wilayah geologis Mars secara luas.

 mars

Dikutip dari Mashable, Selasa (27/7/2021), untuk mendapatkan batuan, rover menggunakan alat abrasi yang terlihat seperti mata bor lebar. Perseverance akan menggali permukaan batu, membersihkan debu dengan udara bertekanan, dan kemudian melihat komposisi batu.

Setelah mengumpulkan data itu, rover akan mengumpulkan sampel dari batu yang sama di tempat yang berbeda.

Setelah sampel dikumpulkan, disegel dan akan disimpan di rover sampai tim misi menentukan di mana dan kapan akan mengirim sampel dari permukaan Mars.

Misi lain harus dikirim ke Mars untuk mengumpulkan sampel-sampel itu dan meluncur kembali ke Bumi. Saat ini, NASA ingin misi itu mencapai Mars pada 2026, dengan sampel batu kembali ke Bumi untuk dianalisis pada 2030.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini