Instagram Atur Akun Pengguna Remaja Jadi Otomatis Private

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 57 2448384 instagram-atur-akun-pengguna-remaja-jadi-otomatis-private-vf4x3XqWNS.jpg Instagram (Foto: Unsplash)

KALI ini Instagram memperkenalkan perubahan yang dirancang untuk membuat aplikasi lebih aman bagi remaja.

Mulai sekarang, siapa saja yang mendaftar ke Instagram dengan usia di bawah 16 tahun ( atau di bawah 18 tahun di negara tertentu), platform akan otomatis mengatur akun tersebut menjadi pribadi atau private.

 Instagram

Meski diatur secara default, opsi untuk beralih ke pengaturan publik tetap tersedia.

Siapapun di bawah usia 16 tahun dengan akun publik akan dikirim pemberitahuan yang meminta pengguna untuk beralih ke akun private.

Instagram juga melakukan lebih banyak untuk membatasi pengguna yang bermasalah berinteraksi dengan pengguna di bawah 16 tahun. Perusahaan mengatakan dapat mengidentifikasi "perilaku yang berpotensi mencurigakan" dari akun.

"Kami mencoba mencari tahu apakah orang dewasa menunjukkan perilaku yang mencurigakan,” kata kepala kebijakan publik Instagram, Karina Newton, kepada NBC News, dikutip dari The Verge, Jumat (30/7/2021).

“Orang dewasa mungkin belum melanggar aturan, tetapi kita akan melakukan hal-hal yang membuat bisa melihatnya lebih dalam.” sambungnya.

Facebook sebagai perusahaan induk juga memperkenalkan perubahan bagaimana pengiklan dapat menargetkan pengguna di bawah usia 18 tahun.

Sebelumnya, setiap pengguna dapat ditargetkan berdasarkan minat dan aktivitas mereka.

Sekarang, pengiklan hanya dapat menargetkan pengguna di bawah 18 tahun berdasarkan usia, jenis kelamin, dan lokasi mereka. Ini berlaku juga di Instagram, Messenger, dan Facebook.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini