Review Huawei MatePad 11, Bagus Mana dari Galaxy Tab S7 FE 5G?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 57 2448550 review-huawei-matepad-11-bagus-mana-dari-galaxy-tab-s7-fe-5g-DGZGt0MS9j.jpeg Review Huawei MatePad 11 (Foto: Pernita/Okezone)

JAKARTA- Huawei bakal merilis perangkat tablet terbarunya, Huawei MatePad 11 pada awal Agustus mendatang. Tablet tersebut pertama hadir dengan sistem operasi terbaru milik produsen asal China itu, HarmonyOS 2.

Tidak hanya itu, Huawei MatePad 11 juga hadir dengan beberapa spesifikasi yang diklaim mendukung produktivitas penggunanya. Okezone juga berkesempatan untuk menjajal tablet yang ditaksi Rp7 jutaan ini, berikut ulasannya untuk Anda:

1. Desain

Huawei MatePad 11

Huawei MatePad 11 hadir dengan simple dan elegan. Layarnya mengusung ukuran 10,59 inci IPS LCD dengan bezel yang cukup tipis. Sementara itu ketebalannya hanya 7,25 mm dengan berat 485. Bila diliat untuk mendukung produktivitas kerja, spesifikasi ini mungkin cukup lantaran memiliki bobot yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

BACA JUGA:

- Huawei MatePad 11 dengan HarmonyOS 2 Hadir di Pasar Indonesia Agustus 2021

Terungkap, Mimpi Jeff Bezos Pergi ke Luar Angkasa Pernah Ditertawakan

Bagian depan juga dilengkapi dengan kamera yang ditempatkan secara horizontal di sebelah kiri tablet. Pada sisi samping kiri juga menyimpan tombol volume pada bagian atas. Kemudian dibagian kananya terdapat slot MicroSD untuk memori eksternal mencapai 1 TB. Pada bagian belakang, terdapat logo Huwei di bagian tengah dengan posisi horizontal. Sementara itu kamera belakangnya berada di sisi kiri atas yang menampilkan satu kamera dan flash.

Huawei MatePad 11

Pada bagian atas kanan juga terdapat tombol power yang diberi warna akses garis merah. Menariknya lagi, pada sisi atas dan bawah terdapat dua speaker harman/kardon. Sehingga ada total empat speaker pada satu perangkat tablet. Disisi bawah juga terdapat USB Type C.

Kebetulan Okezone juga menjajal perangkat dengan warna olive green. Warna hijau memang tidak terlalu kentara, namun bila dilihat dari samping bagian belakang memancarkan sedikit warna hijau.

2. Kamera

 Kamera Huawei MatePad 11

Tidak banyak yang bisa dibahas dari sisi kamera tablet Huawei ini. Perangkat ini memiliki kamera depan 8MP dan kamera belakang 13 MP. Mungkin bisa dibilang biasa, terlebih kualitas smartphone saat ini tidak main-main.

Namun, untuk ukuran tablet konfigurasi tersebut sudah cukup dan pastinya dapat mendukung aktivitas video conference saat menggunakan kamera depan.

3. Fitur

 Huawei MatePad 11

Sayang, tidak banyak yang bisa dieksplorasi ketika menggunakan perangkat tanpa keyboard dan Stylus M-Pencil. Namun yang pasti perangkat ini menawarkan berbagai fitur yang mendukung produktivitas kerja. Dengan HarmonyOS 2 antarmuka ponsel juga terlihat lebih baik dan nyaman digunakan. Selain itu tablet juga menyajikan antarmuka seperti dekstop. Sehingga dapat digunakan layaknya smartphone maupun laptop.

Perangkat juga diberikan beberapa fitur untuk terkoneksi dengan ragam gadget lainnya. Sementara itu, dengan refresh rate 120 Hz, layar juga terasa mulus. Ini juga pastinya mendukung pengalaman pengguna untuk tampilan yang mumpuni.

Selain itu, untuk menonton film, perangkat juga dilengkapi dengan empat speaker harman/kardon yang mumpuni. Sehingga seperti memiliki pengalaman menonton di dalam studio bioskop.

Perangkat Huawei ini juga tidak didukung Google, sehingga tidak memiliki Play Store. Namun pengguna bisa memanfaatkan toko aplikasi milik Huawei, App Gallery. Ini juga sudah mendukung beberapa aplikasi. Pengguna juga kini bisa mendownload WhatsApp hingga Instagram dengan apk.

4. Performa dan Baterai

Dapur pacu tablet ini menggunakan Snapdragon 865 dan GPU Adreno 659. Sementara itu, bagian memorinya mengusung RAM 6GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Dengan konfigurasi semacam ini, Huawei MatePad 11 pastinya bisa digunakan untuk pengguna multitasking. Terlebih perangkat hadir dengan dapur pacu yang hadir di banyak ponsel kelas atas.

Selain itu, saat dicoba dengan aplikasi pengukur performa, AnTuTu Benchmark v.9.012-OB, perangkat ini memiliki skor yang cukup besar yakni 618.883. Untuk baterainya sendiri cukup awet, saat Okezone menjajal untuk penggunaan kerja dan menonton, daya masih berada di angka 41 persen. Ini untuk penggunaan sekira pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.

5. Kesimpulan

Perangkat ini cocok untuk mendukung produktivitas kerja karena ringan dan dapat dibawa kemana-mana. Dibandingkan laptop, tablet rasanya lebih compact. Selain itu, perangkat juga memiliki beberapa fitur yang mumpuni.

Namun sayang, beberapa fitur tak dapat dinikmati juga tidak menggunakan aksesoris yang lengkap. Selain itu, pengguna harus terhubung ke jaringan WiFi atau hotspot untuk koneksi. Terlebih perangkat ini tidak mendukung slot SIM Card. Selain itu Stylus M-Pencilnya dijual secara terpisah.

6. Komparasi

Untuk komparasi, Okezone mencoba membandingkan dengan tablet terbaru dari Samsung, Galaxy Tab S7 FE 5G. Dari segi konektivitas perangkat ini mungkin lebih unggul karena telah dibekali 5G. Namun untuk di Indonesia sendiri, 5G baru hadir di beberapa wilayah. Belum semua masyarakat dapat mencicipi internet super kencang tersebut.

Untuk desainnya, Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki layar yang lebih besar yakni 12,4 inci. Perangkat ini juga dibekali S Pen yang memudahkan untuk mendukung kegiatan kreativitas juga.

Sayang untuk dapur pacunya masih belum seunggul Huawei MatePad 11 dengan Snapdragon 765. Untuk memori internalnya mengemas 128GB dan RAM 6GB di dalamnya. Dari segi suara, perangkat juga mendapatkan dukungan AKG dan Dolby Atmos.

Galaxy Tab S7 FE 5G juga memiliki kamera utama 8MP, AF dan kamera depan 5MP. Untuk pengisian, perangkat juga sudah dibekali dengan USB Type-C. Dayanya juga mengemas baterai yang lebih besar yakni 10.090 mAh. Untuk harganya sendiri yakni dibanderol Rp9.499.000. Dengan harga tersebut, pembeli sudah mendapatkan S Pen untuk tablet.

Spesifikasi Lengkap Huawei MatePad 11

Layar: 10,95 inch IPS LCD

Resolusi: 1600x2560

Refresh Rate: 120Hz

Sistem Operasi: HarmonyOS 2

CPU: Snapdragon 865

GPU: Adreno 659

Kamera Depan: 8MP

Kamera Belakang: 13 MP

RAM: 6GB

Memori Internal: 128 GB

Baterai: 7.250 mAh

USB: Type-C

Ketebalan: 7,25 mm

Bobot: 485 gram

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini