Ini Dia Larry Tesler si Penemu Fitur Copy, Cut, dan Paste

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Minggu 01 Agustus 2021 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 57 2449248 ini-dia-larry-tesler-si-penemu-fitur-copy-cut-dan-paste-5LMI5qewZj.jpg Larry Tesler penemu copy cut paste pada komputer. (Foto: Twitter @ComputerHistory)

HAMPIR semua orang pasti pernah menggunakan fitur copy, cut, dan paste di komputer atau smartphone. Ya, ketiga fitur tersebut memang sangat berguna karena mempermudah pekerjaan. Tapi pernahkah terpikir, siapa penenmu fitur copy, cut, dan paste?

Dikutip dari unggahan akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika, Minggu (1/8/2021), sosok penemu fitur copy, cut, dan paste adalah pria bernama Larry Tesler.

Baca juga: Google Rilis Topik yang Banyak Dicari Warganet Indonesia Seputar Covid-19 

Larry Tesler merupakan lulusan jurusan ilmu komputer di Stanford University. Ia lulus pada tahun 1960.

Pada 1970-an, Larry Tesler meninggalkan Laboratorium Satandord lalu bekerja di lembaga kajian yang dimiliki Xerox Palo Alto Research Center (PARC).

Larry Tesler penemu copy cut paste pada komputer. (Foto: 24x7businessnews.com)

Saat di Xerox, Larry Lester berhasil menyematkan konsep copy, cut, dan paste di dalam aplikasi bernama Gypsy. Aplikasi tersebut ia buat bersama temannya Tim Moott. Konsep cut, copy, dan paste itu akhirnya bisa diakses melalui menu klik kanan.

Komputer Apple Lisa, Newton, dan Macintosh merupakan campur tangan dari Larry Tesler. Ia merupakan orang yang berpengaruh agar Apple berinvestasi ke Advanced RISC Machines (ARM).

Baca juga: Ilmuwan Temukan Cara Bikin Keyboard dari Kertas 

Investasi tersebut membuat iPhone menjadi kuatdan mampu membangun sendiri ekosistem chipset powerful-nya.

Pada tahun 1997, Larry Tesler mundur dari Apple dan memilih bekerja di Amazon, Yahoo, dan kemudian 23andme. Hingga akhirnya ia pensiun dan bekerja menjadi konsultan.

Larry Tesler mengembuskan napas terakhirnya di usia 74 tahun pada Senin 17 Februari 2020.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini