3 Mitos Keliru soal Mengecas Ponsel, Apa Saja?

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 07:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 57 2449378 3-mitos-keliru-soal-mengecas-ponsel-apa-saja-LuqlUVlYwZ.jpg Mengecas hp (Foto: Geeky camel)

SAAT ini ponsel khususnya jenis smartphone sudah menjadi teman kehidupan kita sehari-hari. Dari untuk berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, hingga pekerjaan.

Ponsel menjadi barang yang sangat penting untuk menunjang aktivitas seseorang di era yang serba digital seperti saat ini. Untuk itu, pemahaman mengenai smartphone menjadi penting bagi seseorang agar tidak terkecoh dan bisa lebih bijak dalam merawat barang tersebut.

Namun rupanya masih banyak mitos tentang ponsel yang banyak diyakini. Dikutip dari Fyifact, berikut ulasan mengenai mitos yang salah mengenai pengisian daya ponsel.

 ponsel

1. Waktu Pengisian Baterai

Untuk informasi yang satu ini sepertinya sudah lebih banyak pemahaman benar yang beredar, yaitu bahwa waktu terbaik untuk pengisian baterai HP Anda adalah tepat saat daya telah mencapai angka di bawah 40%.

Namun begitu, masih banyak juga orang yang meyakini bahwa sebaiknya smartphone baru di charge ketika baterainya sudah lemah dan indikator menunjukkan warna merah, di mana biasanya sisa daya baterai berada di angka 20% ke bawah.

Jika seseorang sudah mengetahui fakta yang benar tersebut, terkadang mungkin secara tidak sadar atau karena beberapa hal, seseorang baru akan mengisi daya baterai nya ketika indikator baterai sudah menunjukkan warna merah. Maka biasakanlah untuk mengecas ponsel Anda ketika daya baterai telah menyentuh angka sekitar 35% .

2. Penggunaan Ponsel saat di charge

Selama ini banyak anggapan mengenai penggunaan ponsel saat sedang di-charge. Mitosnya adalah jika ponsel sering digunakan sambil ngecas, akan membuatnya menjadi lebih cepat rusak. Anggapan tersebut tentu bertujuan baik, yang bisa diartikan sebagai biarkanlah smartphone kita beristirahat sejenak dari aktivitas nya.

Namun yang perlu dipahami disini adalah, faktanya smartphone Anda akan tetap bekerja walaupun sedang di-charge dan tidak Anda gunakan sekalipun. Contohnya adalah update dan peremajaan software dan sebagainya.

3. Jangan Tidur sambil Mengecas Ponsel

Satu lagi anggapan yang bertujuan baik namun sebenarnya sama sekali tidak tepat secara ilmiah. Hal ini karena smartphone di zaman saat ini telah dapat menyesuaikan secara otomatis terkait pengisian daya baterainya.

Faktanya adalah ditinggal tidur ataupun tidak, ponsel yang memiliki baterai jenis lithium akan secara otomatis menghentikan pengisian daya saat baterai sudah mencapai kapasitas maksimumnya walaupun masih tersambung dengan chargernya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini