Rusia Tuntut WhatsApp, Ini Alasannya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 57 2449417 rusia-tuntut-whatsapp-ini-alasannya-0471zsfxq7.jpg WhatsApp (Foto: Zee news)

RUSIA menuntut WhatsApp karena gagal melokalisasi data pengguna Rusia di wilayah Rusia. Hal ini dilaporkan oleh kantor berita Interfax kemarin.

Seperti dilansir dari Antara, sebelumnya pengadilan Rusia juga mendenda Google Alphabet Inc. sebesar 3 juta rubel karena melanggar undang-undang data pribadi dan mendaftarkan proses administrasi terhadap Facebook dan Twitter untuk pelanggaran yang sama.

 WhatsApp

Google mengkonfirmasi denda tersebut namun tidak memberikan komentar lebih lanjut.

Hukuman itu datang di tengah kebuntuan yang lebih luas antara Rusia dan Google, dengan Moskow secara rutin mendenda raksasa media sosial karena gagal menghapus konten yang dilarang dan berusaha memaksa perusahaan teknologi asing untuk membuka kantor di Rusia.

Regulator komunikasi negara, Roskomnadzor mengatakan, bulan lalu bahwa Google, anak perusahaan Alphabet Inc., dapat didenda hingga 6 juta rubel karena tidak menyimpan data pribadi pengguna Rusia dalam basis data di wilayah Rusia.

Rusia sebelumnya telah mendenda Google karena tidak menghapus konten yang dilarang. Google juga membuat kesal pihak berwenang Rusia dengan memblokir beberapa akun YouTube yang dimiliki oleh tokoh dan media pro-Kremlin.

Kasus-kasus tersebut adalah bagian dari perselisihan yang lebih luas antara Rusia dan perusahaan-perusahaan teknologi besar, dengan Moskow secara rutin mendenda raksasa media sosial karena gagal menghapus konten yang dilarang dan berusaha memaksa perusahaan teknologi asing untuk membuka kantor di Rusia.

WhatsApp dapat didenda antara 1 juta dan 6 juta rubel (13.700 hingga 82.250 dolar AS), menurut laporan Interfax, mengutip dokumen pengadilan. Tanggal pengadilan belum ditetapkan

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini