WhatsApp Rilis Fitur Impor Riwayat Chat Lintas Platform, Buat Apa?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 57 2454490 whatsapp-rilis-fitur-impor-riwayat-chat-lintas-platform-buat-apa-rbN4g7knbw.jpg WhatsApp (Foto: Gizbot)

RUPANYA WhatsApp mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memindahkan riwayat chat dari ponsel satu ke ponsel lainnya.

Fitur yang diberinama Impor Riwayat Chat Lintas Platform itu bisa membuat pengguna mentransfer riwayat obrolan mulai dari pesan suara, foto, dan percakapan walaupun dengan sistem operasi (OS) yang berbeda.

 WhatsApp

Seperti dilansir dari Antara, fitur ini berbeda dengan aplikasi chat kompetitor yang menggunakan perpesanan berbasis cloud, karena semua pesan pribadi WhatsApp terenkripsi end-to-end, sehingga tersimpan di perangkat pengguna. Sementara riwayat pesan milik aplikasi pesaing ditempatkan di cloud.

Manajer Produk WhatsApp Sandeep Paruchuri mengatakan, pesan di WhatsApp adalah milik penggunanya seorang, itulah yang membuat riwayat chat disimpan di smartphone, bukan di cloud.

"Artinya untuk memindahkan riwayat obrolan ke platform lain, diperlukan mekanisme tambahan WhatsApp, sistem operasi, dan produsen perangkat untuk memastikan transfer riwayat chat tetap aman dan terjaga," kata Sandeep dalam keterangan tertulis, Kamis (12/8/2021).

Fitur impor riwayat obrolan listas platform ini akan mulai diluncurkan di Android terlebih dahulu, yang berarti pengguna dapat memindahkan riwayat obrolan WhatsApp mereka ke perangkat Android.

Selanjutnya, fitur ini akan tersedia di sistem operasi lain secara berkala dalam beberapa bulan mendatang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini