Cegah Ujaran Kebencian, Instagram Rilis Fitur Limits

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 57 2454509 cegah-ujaran-kebencian-instagram-rilis-fitur-limits-D1PPiSAifv.jpg Instagram (Foto: Unsplash)

AKHIRNYA Instagram merilis rangkaian fitur “Limits” untuk mencegah komentar kasar dan rasis serta penyalahgunaan lainnya. Fitur ini untuk mencegah terjadinya ujaran kebencian.

Melalui siaran resmi, Head of Instagram Adam Mosseri mengatakan, fitur ini telah tersedia untuk pengguna secara global sejak Rabu kemarin.

 Instagram

Langkah ini dilakukan beberapa pekan setelah Instagram menghapus komentar rasis yang ditujukan kepada anggota tim sepak bola Inggris menyusul kekalahan mereka di final Euro 2020.

"Penelitian kami menunjukkan banyak komentar negatif terhadap figur publik berasal dari orang-orang yang tidak menjadi followers atau yang baru saja menjadi followers mereka, dan deretan komentar hanya muncul pada saat itu,” kata Mosseri melalui blog Instagram dikutip pada Kamis.

“Kami melihat ini setelah final Euro 2020 dengan lonjakan komentar secara signifikan–dan tidak dapat diterima–terkait pelecehan rasis terhadap para pemain,” lanjutnya.

Seperti dilansir dari Antara, fitur “Limits” memungkinkan pengguna memblokir komentar dan Direct Message (DM) yang mengandung ujaran kebencian dari orang yang tidak menjadi pengikut atau baru saja menjadi pengikut.

Instagram mengatakan akan memberi pesan peringatan yang lebih kuat saat pelaku memposting komentar yang berpotensi menyinggung.

Menurut Mosseri, peringatan tersebut efektif mencegah dan mengurangi frekuensi komentar kebencian sebanyak 50 persen. Dalam seminggu terakhir, Instagram mengatakan telah memberi peringatan kepada pengguna yang mencoba berkomentar kasar sekitar satu juta kali per hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini