Bermuatan 3.700 Kilogram, Pesawat Kargo Tiba di Stasiun Antariksa Internasional

Agregasi VOA, Jurnalis · Minggu 15 Agustus 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 56 2455824 bermuatan-3-700-kilogram-pesawat-kargo-tiba-di-stasiun-antariksa-internasional-z0xm3mK2FI.jpg Ilustrasi (Foto : Daily Hive)

PESAWAT pembawa pasokan, produksi perusahaan kedirgantaraan Northrop Grumman, tiba di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) pada Kamis (12/8). Pesawat itu, Cygnus, membawa 3.700 kilogram kargo, terbesar yang pernah ada, ke laboratorium yang mengorbit.

Cygnus ditangkap astronot NASA Meghan McArthur dengan lengan robot stasiun tersebut. Dia mengarahkan pesawat itu untuk berlabuh di modul Unity stasiun. Pesawat itu kemudian dibaut ke tempatnya.

Pasokan yang dikirim ke ISS antara lain bahan simulasi debu dan tanah bulan yang akan digunakan untuk membuat barang-barang dari mesin pencetak 3D di ISS.

Antariksa

Eksperimen ini dirancang untuk mengeksplorasi bagaimana bahan bangunan suatu hari nanti dapat dibuat dari sumber daya yang ditemukan di bulan atau Mars.

Ini misi ke-16 Cygnus untuk NASA. Pesawat itu tiba setelah diluncurkan dengan roket Antares Selasa lalu dari Wallops, fasilitas penerbangan NASA di Virginia. Pesawat pemasok itu akan tetap berada di ISS selama sekitar tiga bulan dan kembali ke Bumi pada November.

Baca Juga : Pasokan Stasiun Luar Angkasa Diluncurkan, Ada Peralatan Membuat Pizza

Muatan yang beratnya sekitar 3.700 kilogram itu termasuk apel segar, tomat dan kiwi, bersama dengan paket untuk menyiapkan pizza dan persediaan keju bagi tujuh astronaut stasiun antariksa tersebut.

Ini adalah pasokan ke-16 Northrop Grumman untuk Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) dengan bobot terbesar.

Stasiun luar angkasa saat ini menampung tiga warga Amerika, dua orang Rusia, satu orang Perancis, dan satu orang Jepang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini