Perketat Keamanan, Facebook Messenger Kini Dilengkapi Enkripsi End-to-End

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Minggu 15 Agustus 2021 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 57 2455925 perketat-keamanan-facebook-messenger-kini-dilengkapi-enkripsi-end-to-end-Yn4zKPTukB.jpg Ilustrasi (Foto : PCMag Australia)

FACEBOOK meningkatkan fitur keamanan yang ada di Messenger. Melalui unggahan di blog, platform perpesanan tersebut mengungkap telah menggulirkan opsi enkripsi end-to-end untuk panggilan video maupun suara.

Sebetulnya fitur end-to-end di Facebook Messenger sudah ada sejak 2016 lalu, namun terbatas hanya untuk pesan teks saja. Melansir blog resmi Facebook, Minggu (15/8/2021), Facebook menyebut hadirnya fitur ini tidak lepas dari meningkatnya jumlah panggilan video dan suara di tahun lalu.

Raksasa media sosial itu mencatat ada lebih dari 150 juta panggilan video dalam sehari yang dilakukan di Messenger. Dengan adanya enkripsi end-to-end, Facebook memastikan pesan dan panggilan video yang dilakukan akan lebih aman.

Facebook

Jadi, tidak ada pihak lain termasuk Facebook yang dapat melihat maupun mendengarkan percakapan tersebut. "Ini berarti tidak ada orang lain, termasuk Facebook yang dapat melihat atau mendengarkan apa yang dikirim atau dikatakan sesama pengguna," tulis Facebook.

Baca Juga : 5 Fitur Keamanan di Aplikasi Telegram, Bisa Kirim Pesan Rahasia hingga Anti Kepo

Tidak hanya enkripsi end-to-end di panggilan video dan suara, Facebook Messenger juga meningkatkan kemampuan fitur Disappearing Messages. Kini, pengguna diberi kebebasan mengatur durasi pesan terhapus secara otomatis, mulai dari 5 detik hingga 24 jam.

Ke depannya, Facebook Messenger juga akan mulai menguji coba enkripsi end-to-end untuk chat dan panggilan dalam grup. Lalu, uji coba enkripsi end-to-end secara terbatas juga akan dilakukan pada fitur DM di Instagram di beberapa negara.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini