Mengenal Algoritma Pemrograman

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 56 2456163 mengenal-algoritma-pemrograman-mqpd2JBgRK.jpg Teknologi pemrogaman (Foto: GSMA)

SERINGKALI algoritma disangka berkaitan dengan bahasa pemrograman, ilmu komputer, matematika dan berisi sekumpulan angka.

Secara umum, algoritma sendiri mewakili langkah-langkah dalam pemecahan masalah. Algoritma mencakup perhitungan, penalaran, dan pemrosesan data yang dapat disajikan dalam bahasa alami, kode, diagram alur (flowchart), dan lain-lain.

 algoritma pemrograman

Saat ini, pemrograman semakin banyak dipelajari oleh orang-orang, baik itu di bidang keperawatan, bangunan, pendidikan dan lain sebagainya.

Untuk itu, tanpa adanya pengetahuan mengenai algoritma pemrograman maka hasil yang diperoleh pasti tidaklah maksimal.

Sebab, algoritma pemrograman merupakan dasar pijakan dalam menciptakan suatu program pada komputer.

Mengutip laman Id CloudHost, Minggu (15/8/2021), algoritma pemrograman mampu menyederhanakan dari program yang besar menjadi program yang lebih sederhana, sehingga penggunaannya lebih efektif dan efisien.

Fungsi dari algoritma ini bukan merupakan sekali pakai, artinya dapat digunakan secara berulang-ulang ini memberikan keuntungan dalam meminimalisir penulisan program yang berulang-ulang.

Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program.

Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini