Share

Di Tengah Pandemi, Huawei Mulai Mengembangkan Teknologi Pendeteksi Covid-19

Erfan Maaruf, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 57 2457102 di-tengah-pandemi-huawei-mulai-mengembangkan-teknologi-pendeteksi-covid-19-ubJ70BeFDb.jpg Mutasi virus corona (Foto: Nature)

SELAMA ini Huawei Cloud and Al Indonesia menilai bahwa teknologi dapat dikembangkan di masa pandemi Covid-19. Salah satu teknologi yang dikembangkan adalah CT Scan untuk mendeteksi seseorang yang terpapar Covid-19.

Bisnis Development Director, Huawei Cloud and Al Indonesia, Usman Niandinata mengatakan, pengembangan CT Scan di Indonesia dilakukan pada April 2020 saat terjadi peningkatan kasus Covid-19. Saat itu, Huawei memberikan CT Scan kepada Indonesia untuk mendeteksi Covid-19.

"April 2020 saat pandemi mengalami peningkatan dan cukup merepotkan. Kami memberikan teknologi kami dalam bentuk CSR teknologi (pada Indonesia) untuk mendeteksi Covid atau tidak melalui scan paru-paru," kata Usman kemarin.

 Huawei

Hal itu dinilai menjadi salah satu alternatif di tengah permasalahan bahwa saat itu PCR masih sangat jarang. Bahkan kalau pun ada proses menunggu sangat lama untuk melihat hasilnya.

"Butuh waktu satu minggu menunggu hasil. Sementara orang sakit gak bisa menunggu, bisa meninggal kalau menunggu. Sementara dengan adanya teknologi rumah sakit ini bisa langsun city scan di paru-paru," jelasnya.

Dengan CT Scan milik Huawei, dokter dapat langsung menganalisasi hasilnya dan sistem yang dirancang dapat mendeteksi hasil hanya dalam waktu 15 menit.

"Waktu itu kita implementasi di RS Pertamina. Mereka menjadi salah satu yang pertama menerapkan teknologi Huawei," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini