China Sahkan Aturan Perlindungan Data Pribadi

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 54 2458376 china-sahkan-aturan-perlindungan-data-pribadi-B8YfLMNKUb.jpg Data pribadi (Foto: Ago)

RUPANYA Kongres Rakyat Nasional China mengesahkan aturan alias undang-undang perlindungan data pribadi pengguna internet, yang akan berlaku mulai 1 November.

Reuters mengutip laporan dari kantor berita China, Xinhua melaporkan bahwa regulasi tersebut mewajibkan pengelolaan data pribadi harus memiliki tujuan yang jelas dan wajar serta dibatasi menjadi "lingkup minimum yang diperlukan untuk mencapai tujuan penanganan" data.

 data pribadi

Undang-undang ini melengkapi regulasi lainnya di China untuk mengatur ruang digital dan memberikan lebih banyak persyaratan kepatuhan untuk penyelenggara sistem elektronik.

Regulasi ini mengatur perusahaan seperti apa yang bisa mengumpulkan data pribadi.

Seperti dilansir dari Antara, perusahaan tersebut juga harus mendapatkan persetujuan dari pengguna dan memberikan pedoman untuk memastikan perlindungan data ketika data tersebut dikirimkan ke luar negeri.

Lewat undang-undang ini, pengelola data pribadi diminta menunjuk petugas untuk mengurus perlindungan data pribadi.

Pengelola data juga harus mengadakan audit secara berkala untuk memastikan kepatuhan terhadap undang-undang yang berlaku.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini