Satelit Satria-1 Siap Sediakan Konektivitas Internet yang Merata

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 56 2458387 satelit-satria-1-siap-sediakan-konektivitas-internet-yang-merata-R9IhPaSEjE.jpg Satelit (Foto: Istock)

RUPANYA Satelit Satria-1 disebut mampu menyediakan konektivitas internet secara merata ke seluruh Indonesia.

Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ITB Ian Yosef M. Edward mengatakan, dengan posisi satelit pada Geostationer maka cakupannya bisa mencakup ke seluruh Nusantara.

 satelit

"Benar memang Satria-1 dapat menyediakan konektivitas secara merata ke seluruh Indonesia, dengan posisi satelit pada Geostationer (36.000 km) maka cakupannya bisa ke seluruh Indonesia," ujar Ian saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (20/8/2021).

Sekedar informasi Satelit SATRIA-1 akan digunakan untuk penyediaan akses internet bagi 150.000 titik layanan publik yang belum tersedia akses internet dari total 501.112 titik layanan publik di Indonesia. Satelit ini rencananya akan mengudara pada 2023 mendatang.

Menurut Ian, cara tercepat untuk memenuhi kebutuhan internet di Indonesia adalah dengan menggunakan satelit. Sebab, hingga sekarang belum semua daerah terlayani dengan jaringan internet maupun 4G.

Ini disebabkan karena Indonesia negara kepulauan untuk layanan dengan broadband menggunakan fiber optik atau radio backhaul memerlukan waktu untuk pemasangan.

Satelit Satria-1 akan memberikan dampak sekitar mendekati 100% untuk akses, karena jumlah transponder adalah fixed. Sedangkan kebutuhan bandwidth selalu meningkat, maka dampak untuk kebutuhan bandwidth masih disekitar angka 20%.

"Hal ini ditutupi dengan adanya jaringan akses lain, seperti palapa ring (optik), terresterial radio, satelit lainnya." pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini