Review realme Book, Debut Pertama realme untuk Laptop

Agustina Wulandari , Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 16 2461174 review-realme-book-debut-pertama-realme-untuk-laptop-NY4qB5jrwO.jpg realme Book. (Foto: Dok.realme)

Siapa tidak kenal dengan realme, brand yang namanya semakin dikenal di kalangan anak muda Indonesia karena produk-produk rilisannya yang canggih namun nyaman di kantong para penggunanya.

realme yang sebelumnya kita kenal sebagai brand smartphone, kini merilis debut pertamanya di lini laptop yang diberi nama realme Book. Hadir dengan slogan “Dare to Create”, realme Book didesain untuk mendukung aktivitas para kreator muda yang produktif.

Paket penjualannya terdiri dari unit laptop, kabel USB type-C, dan adaptor 65 watt yang dukung teknologi pengisian cepat.

Bodi

Foto: realme

realme Book memiliki dimensi agak besar namun tipis. Dimensi ini berkat layarnya yang berukuran 14 inci. Untuk ketebalannya hanya sekitar 1,49 cm dan bobotnya yaitu 1,48 kg. Dengan dimensi tersebut, realme Book menawarkan portabilitas sehingga mudah dibawa-bawa dan dimasukkan ke dalam tas.

Material yang digunakan berbahan polikarbonat dengan beberapa rangka berbahan metal. Cover-nya tampil polos minimalis tanpa ada motif ataupun desain khusus, kecuali tulisan realme. Begitu pula dengan tampilan polos pada bagian dalamnya.

realme Book memiliki engsel panjang dan bisa dibuka hingga kemiringan nyaris 180 derajat. Fleksibilitas ini tentu menyenangkan guna mendapatkan sudut pandang yang lebih beragam. Di dekat engsel terdapat lubang exhaust yang berfungsi mengeluarkan udara panas untuk sirkulasi udara.

Layar

realme menyematkan layar dengan resolusi tinggi yaitu 2K atau 2160 x 1440 piksel. Panel yang digunakannya pun sudah IPS yang artinya memiliki tampilan lebih tajam dengan sudut pandang luas. Ketajaman ini juga berkat color gamut sRGB yang mencapai 100 persen.

Ini membuat akurasi warna tinggi yang nyaman tidak hanya untuk multimedia tapi juga untuk para konten kreator. realme menyematkan bezel yang tipis dengan ukuran 5,3 cm di sisi kiri dan kanan, serta 8,45 cm di sisi atas karena terdapat webcam. Desain ini membuat rasio layar mencapai 90 persen. Jadi meski layarnya berukuran 14 inci, tampilannya terasa lebih besar dan luas.

Layarnya menggunakan rasio 3:2 yang cenderung terlihat lebih lebar dan kotak. Dengan rasio tersebut, layar ini lebih nyaman digunakan, khususnya untuk aktivitas komputasi seperti browsing atau membuat dokumen tanpa terlalu sering melakukan scroll.

Keyboard

Untuk keyboard-nya juga minimalis tanpa area numpad ataupun tombol macro. Tombolnya berukuran cukup besar dengan jarak renggang. Travel keynya rendah sehingga kenyamanan mengetik jadi lebih terasa. Dilengkapi pula dengan backlit warna putih dengan tiga tngkat kecerahan yang membantu mengetik dalam kondisi remang ataupun gelap.

Sementara touchpad-nya berukuran besar yang responsif serta mendukung multi gesture. Dengan bodi besar, area palm rest-nya juga masih cukup lapang.

Yang tidak kalah menarik, realme menyematkan sensor fingerprint yang ditempatkan pada tombol Power. Selain melindungi privasi saat login ke Windows, fitur ini memudahkan pengguna untuk login tanpa harus repot mengetikkan password.

Konektivitas

Foto: realme

Dari sektor konektivitas, jumlah port yang dimiliki realme bisa dibilang sedikit. Sisi kiri hanya ada dua port USB type-C yang salah satunya digunakan untuk mengisi daya baterai serta mendukung Thunderbolt 4. Sementara sisi kanan hanya terdapat satu port USB type-A serta audio jack 3.5 mm.

Di bagian bawah, terdapat beberapa lubang in-take untuk sirkulasi udara di bagian ini juga terdapat dua speaker yang terpasang di sisi kiri dan kanan.

Audio

Foto: realme

realme Book menggunakan dua speaker Harman Kardon yang memberikan pengalaman multimedia yang baik. Laptop ini juga memiliki dual mic noise cancellation yang mendukung Elevoc Vocplus AI Noise Cancellation algoritma, teknologi Vocplus Pre-processing, dan teknologi Vocplus Scream Suppression.

Fitur ini tentunya akan sangat memudahkan pengguna ketika sedang melakukan meeting virtual di manapun.

Baterai

Sebagai penopang daya, baterainya punya kapasitas 54 Wh yang diklaim bisa bertahan hingga 11 jam. Untuk adaptornya menggunakan koneksi USB type-C yang mendukung teknologi fast charging dengan daya 65 watt.

Performa

realme Book hadir dalam satu varian yang secara spesifikasi menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-11 yaitu Intel Core i5-1135G7 yang memiliki 4 core 8 thread dengan arsitektur 10 nm SuperFin. Untuk frekuensi clocknya 2,4 GHz serta TDP 12 watt.

Sementara chip grafisnya menggunakan Intel IRIS Xe Graphics yang sudah mumpuni untuk menjalankan komputasi berbasis produktivitas dan sering digunakan pada laptop tipis. Kapasitas RAM-nya 8 GB DDR4 sudah dual channel dan mendukung hingga 16 GB. Storage-nya menggunakan SSD dengan kapasitas 512 GB.

Foto: realme

Kesimpulan

Menurut kami, realme sangat berani menawarkan laptop performa jagoan dengan harga yang sangat nyaman di kantong anak muda Indonesia. Sepertinya realme siap memasuki pasar laptop di Indonesia.

Jika kamu mencari laptop yang tipis dengan performa yang dapat mendukung pekerjaan, tentu realme Book layak menjadi pertimbangan. Dengan banderol Rp10.999.999 selama masa pre-order di JD.ID dan realme.com hingga akhir Agustus 2021 ini, membuat laptop besutan realme ini sayang untuk dilewatkan.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini