Pandemi Covid-19 Percepat Akselerasi Digital

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 54 2460783 pandemi-covid-19-percepat-akselerasi-digital-i2rPqgEwmz.jpg WFH bagian dari akselerasi digital (Foto: Popscience)

RUPANYA Pandemi Covid-19 telah menggeser aspek kehidupan manusia untuk lebih digital. Ini dilakukan guna mengurangi penularan Covid-19.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi menjelaskan, secara global akselerasi digital ini terjadi 3 tahun lebih cepat dari yang diproyeksikan.

Kendati demikian, di sisi lain digitalisasi yang cepat ini juga meningkatkan resiko keamanan siber. Untuk itu harus ada mitigasi di seluruh rantai pasok sektor konstruksi.

 akselerasi digital

"Gangguan-gangguan yang ditimbulkan oleh digitalisasi dari produk dan proses akan membentuk masa depan," ujar Dedy dalam webinar "Indonesia's Digital Transformation & Cybersecurity kemarin.

Dalam sektor konstruksi sendiri, penggunaan teknologi digital seperti AI, otomatisasi dan virtual reality (AR) bisa memberikan peluang yang sangat besar bagi usaha untuk lebih efisien tidak hanya dalam project model namun dalam melaksanakan operasional sehari-hari.

"Disamping itu penggunaan VR akan mempermudah pekerjaan fisik dan memperluas opsi yang mampu membantu mengurangi pekerjaan sebesar 10 persen dan mempercepat pekerjaan proyek berbulan bulan," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini