Jepang Siap Luncurkan Rover di Phobos, Bulan Mars

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 56 2461322 jepang-siap-luncurkan-rover-di-phobos-bulan-mars-K1uz24vjNa.jpg Phobos (Foto: Pinterest)

RUPANYA Badan antariksa Jepang berencana untuk membawa sampel tanah kembali ke Bumi dari wilayah Mars sebelum misi AS dan China yang sekarang beroperasi di Planet Merah tersebut.

Sampel tanah dengan harapan menemukan petunjuk tentang asal usul planet dan jejak kehidupan yang mungkin terjadi di Mars.

Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang (JAXA), berencana meluncurkan robot penjelajah atau rover pada 2021 untuk mendarat di Phobos bulan Mars.

 Mars

Manajer Proyek JAXA Yasuhiro Kawakatsu, dikutip dari APNews, Rabu (25/8/2021), mengatakan rover tersebut akan mengumpulkan 10 gram atau sektiar 0,35 ons tanah dan membawanya kembali ke Bumi pada 2029.

Jika sesuai rencana, perjalanan misi itu akan menempatkan Jepang berada di depan Amerika Serikat dan China dalam membawa kembali sampel tanah Bulan kembali ke Bumi, meskipun Jepang memulainya lebih lambat dibanding dua negara tersebut.

Ilmuwan JAXA percaya sekitar 0,1% dari permukaan tanah di Phobos berasal dari Mars, dan 10 gram dapat berisi sekitar 30 butiran, tergantung pada konsistensi tanah.

Diketahui, rover Perseverance milik NASA saat ini sedang beroperasi di kawah Mars untuk mengumpulkan 31 sampel yang akan dikembalikan ke Bumi dengan bantuan dari Badan Antariksa Eropa pada awal 2031.

China mendaratkan pesawat ruang angkasa di Mars pada Mei dan berencana untuk membawa kembali sampel sekitar 2030.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini