Facebook Siap Hadirkan Kembali Fitur Panggilan Suara dan Video

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 57 2461364 facebook-siap-hadirkan-kembali-fitur-panggilan-suara-dan-video-QYBsb9n01e.jpg Kantor Facebook (Foto:Markedium)

SAAT ini Facebook dilaporkan sedang menguji penambahan panggilan suara dan video ke aplikasi utamanya. Informasi ini dilaporkan pertama kali oleh Bloomberg.

Diketahui sebelumnya Facebook sudah punya fitur panggilan suara dan video, namun dijadikan sebagai aplikasi mandiri Facebook Messenger.

Kemudian Messenger dikeluarkan Facebook dari aplikasi utamanya pada 2011 dan secara resmi dihapus dari aplikasi Facebook pada 2014.

 Facebook

Perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu belum membagikan informasi apakah mereka berencana untuk membawa sejumlah fitur di Messenger itu kembali ke aplikasi utama Facebook.

Direktur Manajemen Produk Messenger memberi tahu Bloomberg informasi berikut. "Anda akan mulai melihat lebih banyak dari waktu ke waktu," katanya, dikutip dari The Verge, Kamis (26/8/2021).

Facebook pun mengkonfirmasi pihaknya "tengah menguji coba panggilan suara dan video untuk pengguna di sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat."

Perusahaan tidak mengungkap berapa banyak pengguna yang bisa melihat atau mencoba fitur tersebut.

"Untuk pengalaman perpesanan, audio, dan panggilan video berfitur lengkap, orang harus terus menggunakan Messenger," kata pihak Facebook.

Beberapa pihak menilai kehadiran kembali fitur panggilan suara dan video berarti lebih baik Facebook mematikan Messenger atau memasukkan Messenger ke dalam DM Instagram.

Ini juga bukan saran pertama bagi Facebook untuk mempertimbangkan membawa Messenger kembali ke dalam Facebook. Pada 2019 lalu, perusahaan menguji membawa obrolan teks kembali ke aplikasi utama dengan kotak masuk khusus.

Panggilan suara dan video merupakan dua dari beberapa fitur Messenger yang diperkenalkan Facebook dalam produk lainnya. Misalnya kamera video Portal dan headset virtual reality Oculus.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini