Share

Fitur Swipe-Up Instagram Segera Diganti dengan Stiker

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 57 2461370 fitur-swipe-up-instagram-segera-diganti-dengan-stiker-zBHWs3HEWT.jpg Instagram (Foto: Enter 21st)

RUPANYA Instagram dalam waktu dekat akan mematikan fitur Swipe-up yang ada di platformnya. Mulai 30 Agustus mendatang, fitur Swipe-up akan dihilangkan dari Instagram.

Swipe-up merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk berkunjung ke halaman web eksternal dengan cara menggulirkan ke atas tampilan pada Stories Instagram.

Instagram akan menggantikan fungsi Swipe-up dengan fitur stiker yang berisi tautan alamat link. Nantinya stiker itu dapat diketuk sehingga bisa mengarahkan pengguna ke situs yang dimaksud.

 Instagram

Perusahaan mengatakan, langkah ini diambil untuk merampingkan pengalaman pengguna saat membuat Stories.

Instagram mengatakan, untuk saat ini, hanya orang yang memiliki akses fitur Swipe-up yang akan menerima opsi stiker.

Namun ke depannya perusahaan mengaku masih akan mengevaluasi untuk meluncurkannya ke lebih banyak pengguna.

"Pembaruan ini akan membantu kami menentukan apakah itu keputusan yang tepat sebelum memperluas akses ke lebih banyak orang," kata seorang juru bicara, dilansir dari The Verge.

Cara baru ini sekaligus menawarkan lebih banyak opsi serta kontrol kreatifitas tampilan stiker GIF dengan format yang lebih menarik.

Keputusan pembaruan fitur ini didasarkan pada uji coba yang telah dimulai Instagram pada Juni lalu.

Menurut perusahaan, uji coba dilakukan kepada berbagai jenis pengguna, tidak hanya untuk orang yang memiliki hak fitur Swipe-up.

Pada saat pengujian, Vishal Shah, mantan kepala produk Instagram, mengatakan bahwa stiker lebih cocok dengan cara orang menggunakan platform saat ini.

Dia juga mengatakan tujuannya adalah untuk menyebarkan penggunaan stiker secara lebih luas.

Perbedaan utama antara kedua fitur tersebut, selain dari perbedaan gerakan, adalah pengguna dapat menanggapi cerita yang memiliki stiker tautan.

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini