Tips Buka Situs yang Diblokir, Simak Yuk!

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 27 Agustus 2021 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 57 2461734 tips-buka-situs-yang-diblokir-simak-yuk-TvXxSVKhdz.jpg Situs diblokir (Foto: The talon news)

KADANG sebuah situs tidak bisa dibuka dengan tulisan pemberitahuan bahwa situs telah diblokir.

Beberapa situs biasanya diblokir oleh pemerintah karena berisi konten yang tidak pantas diakses. Selain itu, beberapa akses internet di tempat umum seperti kantor dan sekolah juga memblokir situs yang sebenarnya bisa diakses menggunakan jaringan pribadi.

Tak heran, jika beberapa pengguna internet mulai mencari sejumlah cara untuk membuka situs yang diblokir. Berikut adalah cara membuka web yang diblokir server, dikutip dari Cybernews.

 situs diblokir

1. Gunakan VPN untuk Membuka Situs yang Diblokir

Virtual Private Network (VPN) mungkin merupakan metode terbaik untuk membuka blokir situs web, terutama jika Anda perlu mengakses konten terbatas secara teratur.

Singkatnya, VPN adalah alat yang mengenkripsi lalu lintas internet dan memungkinkan mengubah alamat IP Anda sehingga tidak ada yang bisa melihat lokasi yang sebenarnya.

Hal terbaik tentang VPN adalah mereka membuat aktivitas online Anda sepenuhnya anonim. Melalui cara ini, bahkan Penyedia Layanan Internet tidak akan dapat melacak saat Anda membuka blokir situs web yang dibatasi di negara atau kantor.

2. Buka blokir situs dengan proxy terbuka

Jika Anda sedang terburu-buru atau perlu membuka blokir halaman di komputer biasa, menggunakan situs web proxy adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Sama seperti VPN, proxy menyembunyikan alamat IP asli Anda dari situs web, serta alamat IP situs web dari pemerintah, tempat kerja, atau universitas.

Menggunakan proxy gratis dan tidak memerlukan instalasi, menjadikannya alat yang sempurna untuk mengatasi batasan membuka situs.

Kendati demikian, Proxy memiliki kekurangannya masing-masing. Beberapa penyedia proxy mungkin memantau aktivitas online atau bahkan membocorkan IP.

Selain itu, sekolah atau tempat kerja Anda mungkin memblokir situs web proxy itu sendiri. Namun karena jumlah situs proxy di web sangat banyak, Anda tetap bisa menemukan situs lain yang tidak masuk daftar hitam.

3. Gunakan alamat IP alih-alih URL

Ada kemungkinan bahwa situs yang diblokir adalah uniform resource locator (URL) bukan alamat IP. Jika itu masalahnya, maka Anda dapat membuka situs terblokir dengan menggunakan alamat IP-nya.

Alamat IP berupa deretan angka. ntuk mengakses sebuah situs menggunakan cara ini, cukup temukan dan salin IP ke browser Anda. Namun, bagaimana cara menemukan alamat IP sebuah situs web?

Ada beberapa meode, misalnya cara ini yang dapat Anda gunakan jika sedang menggunakan Windows.

-Ketik "cmd" ke menu mulai Anda

-Buka program bernama Command Prompt

-Tulis kata "ping" dan nama situs web yang ingin Anda buka blokirnya (misalnya, reddit.com)

-Kemudian, yang harus dilakukan adalah menekan Enter. Lalu Anda akan memiliki alamat IP situs yang ingin Anda buka blokirnya.

-Tempelkan ke bilah pencarian Anda

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini