Tak Mau Kalah dari Waze, Google Maps Hadirkan Fitur Baru Tarif Tol

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 28 57 2462446 tak-mau-kalah-dari-pesaingnya-google-maps-hadirkan-fitur-baru-tarif-tol-IL788bJuJ2.jpg Ilustrasi Google Maps. (Foto: Phone Arena)

GOOGLE Maps dilaporkan bakal menghadirkan fitur baru. Fitur tersebut berupa adanya informasi mengenai tarif jalan tol. Ini pastinya akan makin mempermudah pengguna mobil.

Dikutip dari laman Androidpolice, Sabtu (28/8/2021), pihak Google telah berinovasi dalam mewujudkan kepraktisan penggunaan aplikasinya bagi para pemilik kendaraan, khususnya mobil.

Baca juga: Diduga Mobil Google Maps Terperosok di Sawah, Warganet: Karma Suka Nyasarin Orang! 

Menurut pesan yang dikirim ke anggota program pratinjau Google Maps, fitur utama berikutnya yang akan ditambahkan adalah tampilan otomatis informasi tarif tol, jembatan, dan biaya tambahan lainnya yang dibutuhkan berdasarkan rute navigasi perjalanan yang dilalui oleh pengendara.

Google Maps. (Foto: XDA Developers)

Konfirmasi datang dari anggota program pratinjau yang diperintahkan untuk mengikuti survei guna mengarahkan Tim Pengembangan Google Maps tentang cara terbaik untuk mengimplementasikan fitur tersebut.

Baca juga: Simak 5 Pembaruan Google Maps di 2021 

Menurut pesan tersebut, harga tol dan mungkin total akan ditampilkan di sepanjang rute perjalanan yang dilalui oleh pengguna kendaraan. Hal tersebut sangat berguna sebagai sarana pengambilan keputusan yang terbaik dan memungkinkan pengendara untuk memilih antara menghemat waktu atau menghemat uang.

Google mengharapkan bahwa perkiraan tarif tol secara keseluruhan pastinya akan muncul sebelum pengguna memilih rute yang akan dituju. Akan tetapi sangat disayangkan bahwa fitur baru ini hanya bisa dinikmati oleh para pengguna kendaraan bermobil yang ingin melewati jalan tol.

Sampai saat ini Google Maps masih mengidentifikasi keberadaan jalan tol dan harga tol tertentu saat ini yang belum tersedia di aplikasi. Selain itu, pihak layanan aplikasi ini belum memberi tanggapan lebih lanjut terkait uji coba dan standard fitur layanan informasi tarif jalan tol.

Baca juga: Ini 5 Aplikasi GPS yang Bisa Digunakan Saat Offline 

Kehadiran fitur tersebut pastinya sangat bermanfaat dan berguna bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui dan membandingkan tarif tol dan saldo kartu pembayaran penggunanya. Mengingat, penerapan transaksi pembayaran jalan tol di Indonesia sudah cashless.

Sementara pihak pesaing Google Maps yaitu Waze di Indonesia saat ini sudah memiliki fitur tarif jalan tol yang cukup akurat.

Google Maps. (Foto: Phone Arena)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini