Tangan Mungil T-Rex Ada Fungsinya Gak Sih? Ini Faktanya

Ahmad Haidir, Jurnalis · Minggu 29 Agustus 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 29 56 2462754 tangan-mungil-t-rex-ada-fungsinya-gak-sih-ini-faktanya-Tt7eaBQr9l.jpg T-Rex (Foto : Thefactsite)

SEBAGIAN besar penduduk bumi tentu tidak asing dengan sosok Tyrannosaurus Rex atau yang akrab disebut T-Rex. Hewan purbakala yang sering muncul dalam film tersebut dikenal sebagai salah satu predator paling buas sepanjang sejarah.

Dengan ukuran tubuh raksasa dan gigi taring yang memenuhi mulutnya, membuat citra T-Rex sangat menyeramkan. Namun apabila seseorang teliti, terdapat ‘keanehan’ pada bagian tubuh T-Rex yaitu tangan nya yang sangat mini jika dibandingkan dengan ukuran badannya.

Pertanyaan seperti mengapa bisa hingga apa fungsinya tentu otomatis akan menyelimuti benak. Pernah terpikirkan hal yang sama? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasannya yang telah MNC Portal Indonesia rangkum sebagai berikut!

Fungsi Memangsa

T-Rex

Steven Stanley, seorang ahli paleontologi Universitas Hawaii di Manoa meyakini jika tangan Tyrannosaurus berfungsi sebagai alat penyerang mangsa yang mematikan dari jarak dekat. Dengan memanfaatkan cakar yang berukuran sekitar 10 sentimeter, T-rex menorehkan luka sayatan yang dalam pada mangsanya.

Baca Juga : Fosil T-Rex Paling Lengkap Ditemukan Sedang Duel dengan Triceratops

Temuan ini merujuk pada tulang lengan T-rex yang kuat. Menurut Stanley, sendi yang nggak biasa di lengan T-rex memungkinkan kaki depan untuk bergerak ke segala arah, ideal untuk menebas.

"Lengannya yang pendek dan kuat, serta cakar yang besar, akan memungkinkan T-rex untuk menciderai mangsanya dalam beberapa detik dan bisa berulang kali," katanya dalam pertemuan Geological Society of America dikutip dari National Geographic, Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga : Pecahkan Rekor! Kerangka T-Rex Dilelang Ratusan Miliar Rupiah

Namun hipotesa Steven tersebut mendapatkan sedikit sanggahan dari Thomas Holtz, pakar tyrannosaurus dari Universitas Maryland. Ia berpendapat bahwa kalau pun hipotesis Stanley benar, itu terjadi ketika T-rex masih muda. Holtz mengungkapkan jika saat dewasa dada T-rex melebar. Untuk mengerahkan lengannya, dia harus mendorong dada ke arah mangsanya.

"Dengan posisinya yang seperti itu T-rex akan kesulitan untuk menggunakan rahangnya yang sangat kuat," tambah Holtz.

Itulah mengapa, menurut Holtz, lengan T-rex lebih fungsional ketika muda karena pada fase itu, lengan T-rex justru lebih panjang. Fungsi itu berkurang ketika ia bertambah dewasa. Akan tetapi Holtz sepakat bahwa kemungkinan lengan T-Rex yang lebih kecil dari tubuhnya itu digunakan untuk fungsi memangsa.

Fungsi Biologis

T-Rex

Sementara itu ilmuwan lainnya juga banyak yang tidak menyetujui pernyataan Steven Stanley tersebut. Salah satunya adalah Jakob Vinther, ahli paleobiologi dari Universitas Bristol Inggris.

"Tidak masuk akal untuk menggunakan kaki depannya yang kecil untuk memotong," ujarnya meragukan.

Dengan bukti lebih lanjut, dia lebih memilih gagasan kaki depan T-rex yang digunakan untuk tujuan lainnya, seperti memegang pasangan saat kawin.

Namun begitu, pendapat Jakob tersebut justru menjadi gagasan yang paling banyak tidak disetujui dan diragukan keabsahannya berdasarkan nalar ilmiah.

Kesimpulannya, fungsi tangan mungil dari T-Rex tersebut sementara ini dianggap sebagai anggota tubuh yang memudahkan hewan raksasa tersebut dalam bertarung dan memangsa, namun tidak menutup kemungkinan fungsi lainnya seperti yang diungkap oleh Jakob Vinther.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini